Home Pendidikan BNPT Luncurkan Program Kampus Kebangsaan di UIN dan UKSW Salatiga

BNPT Luncurkan Program Kampus Kebangsaan di UIN dan UKSW Salatiga

Jakarta, Gatra.com - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) akan melaksanakan Program Kampus Kebangsaan di Universitas Islam Negeri (UIN) dan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan resiliensi kampus dan memperkuat daya tangkal terhadap ideologi kekerasan.

"BNPT akan melaksanakan pembentukan kampus kebangsaan di Salatiga. Diharapkan akan meningkatkan resiliensi kampus yang memiliki daya tangkal, daya cegah, dan daya lawan terhadap pengaruh paham radikal terorisme," ujar Sekretaris Utama BNPT RI, Bangbang Surono dalam keterangannya, Kamis (18/7).

Salah satu program unggulan adalah Jurnalisme Kebangsaan, yang mengajak partisipasi masyarakat dalam penanggulangan terorisme melalui kompetisi jurnalisme.

"BNPT tidak lama lagi akan mengadakan kompetisi jurnalisme kebangsaan. Kompetisi Jurnalisme kebangsaan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari upaya pemberdayaan masyarakat dalam mendukung penanggulangan terorisme," terangnya.

Rektor UIN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin, M.Ag., menyambut baik program ini. Menurutnya, ini akan memperkuat peran mahasiswa dalam membangun kesadaran nasional akan bahayanya ideologi kekerasan.

"UIN Salatiga membuka pintu bagi kegiatan Jurnalis Kebangsaan dari BNPT, ini akan menjadi jalan memperkuat peran mahasiswa dalam membangun kesadaran nasional tentang bahayanya ideologi kekerasan," katanya.

Senada dengan itu, Direktur Kemahasiswaan UKSW Salatiga, Giner Maslebo, menyatakan kesiapannya untuk mendukung kompetisi ini.

"Kami siap mengajak seluruh organisasi di kampus untuk berpartisipasi dalam kegiatan jurnalisme kebangsaan," tegasnya.

Diketahui, di samping Jurnalisme Kebangsaan, BNPT juga akan mengembangkan Warung NKRI Digital di kota Salatiga.

76