Home Hukum Apresiasi BNPT Tanggulangi Terorisme, Menkopolhukam: Tetap Harus Waspada

Apresiasi BNPT Tanggulangi Terorisme, Menkopolhukam: Tetap Harus Waspada

Bogor, Gatra.com - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, Hadi Tjahjanto, mengapresiasi kinerja Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) karena sejak 2020 hingga 2024 tidak ada aksi terorisme yang terjadi di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkannya dalam acara HUT ke-14 BNPT sekaligus peresmian Museum Penanggulangan Terorisme Adhi Pradana di Kompleks Kantor BNPT, Kabupaten Bogor,  Selasa, (16/7).

“Pada kesempatan yang baik ini, saya juga ingin menyampaikan apresiasi kepada BNPT yang sejak tahun 2020 sampai dengan tahun 2024 karena upayanya yang luar biasa, mampu menanggulangi terorisme,” ungkapnya.

Menurutnya, BNPT sangat memberikan kontribusi positif kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam hal Zero Terrorist Attack. Selain itu, kesan terbaik yang dilakukan BNPT adalah mampu menjaga keamanan pelaksanaan Pemilu 2024 jauh dari aksi terorisme.

“Dan yang paling memberikan kesan terbaik adalah dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2024 yang berjalan aman dan bebas dari aksi terorisme,” tutur Hadi.

Keberhasilan tersebut, lanjut Hadi, dikarenakan BNPT mengimplementasikan konsep pentahelix sebagai strategi utama untuk menanggulangi terorisme. Konsep ini melibatkan banyak stakeholders, seperti pemerintah, akademisi, dunia usaha, komunitas masyarakat, hingga media.

Kendati demikian, Hadi menuturkan bahwa adanya penurunan angka terorisme, bukan berarti Indonesia sepenuhnya sudah terbebas dari ancaman terorisme.

Menilik data Indikator Kinerja Utama (IKU) BNPT dan hasil penelitian institut, pada 2023 terjadi peningkatan proses radikalisme terorisme di kalangan perempuan, anak, dan remaja.

“Ini menjadi perhatian kita semua, menjadi pekerjaan rumah dalam mewujudkan misi Indonesia Emas tahun 2045,” kata Hadi.

Ia juga mengingatkan dan memastikan bahwa setiap warga negara harus mendapatkan keamanan dan perlindungan. Karena tanpa rasa aman, segala upaya dalam membangun bangsa tidak akan mencapai hasil yang maksimal.

Oleh karena itu, Hadi berharap BNPT harus tetap waspada dalam menjaga keamanan negara, khususnya perihal aksi terorisme. “Saya berharap BNPT untuk terus waspada menjaga potensi terorisme yang ada,” ujar dia.

36