Home Nasional Polri Kerahkan 5.791 Personel Amankan World Water Forum ke-10 di Bali

Polri Kerahkan 5.791 Personel Amankan World Water Forum ke-10 di Bali

Jakarta, Gatra.com- Polri akan menggelar Operasi Terpusat Puri Agung 2024 untuk mendukung kegiatan World Water Forum ke-10 yang akan diselenggarakan pada 18-25 Mei 2024 di Provinsi Bali. Ribuan personel dilibatkan dalam operasi ini.

"Jumlah personel Polri yang dilibatkan dalam Operasi Puri Agung-2024 sebanyak 5.791 personel," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangan tertulis, Kamis, (2/5).

Ribuan personel itu terdiri atas Mabes Polri sebanyak 2.485 personel, Polda Bali sebanyak 2.706 personel, Polda Jatim sebanyak 300 personel, dan Polda NTB sebanyak 300 personel. Mereka juga akan bersinergi dengan Paspampres, TNI, BNPT, BSSN, BNPB, Kementerian/Lembaga dan stakeholder terkait.

Ribuan personel itu akan menjamin keamanan, keselamatan serta kenyamanan para kepala negara, menteri dan delegasi yang hadir pada WWF ke-10 tersebut. Pengamanan yang dilakukan nantinya terbagi dalam 10 satuan tugas (satgas)

Antara lain Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgaspam Pengawalan, Rute, Patroli, dan Parkir) Walrolakir, Satgas Tindak, Satgas Gakkum, Satgas Anti Teror,Satgas Humas. Lalu, Satgas Banops, Satgas Pengamanan Wilayah Jatim, dan Satgas Pengamanan Wilayah NTB.

"Polri menghimbau kepada masyarakat agar mari kita dukung bersama dan sukseskan kegiatan World Water Forum ke-10 ini dengan menjaga situasi kamtibmas Bali agar tetap aman dan kondusif," ungkap Trunoyudo.

World Water Forum ke-10 adalah kegiatan pertemuan internasional di bidang air yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali dan telah berlangsung secara rutin sejak tahun 1997. Adapun tema yang diusung dalam WWF Ke-10 Tahun 2024 yaitu "Water for Shared Prosperity".

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ini akan dihadiri delegasi dan peserta dari 43 Kepala Negara, 4 Organisasi Internasional, 194 Menteri, 50.000 peserta aktif dan 30.000 pengunjung. Pelaksanaan WWF ini diharapkan mampu menghasilkan dampak yang baik seperti G20, sehingga menimbulkan kepercayaan terhadap bangsa Indonesia dari dunia Internasional.

Ada sejumlah isu penting akan dibahas dalam WWF ke-10 kali ini. Yakni keseimbangan Center of Excellence (CoE) atau ketahanan air yang ada di berbagai negara dan pengelolaan sumber daya air terpadu di negara kepulauan dan pulau-pulau kecil, khususnya untuk beradaptasi terhadap bencana yang disebabkan oleh perubahan iklim.

Kemudian, isu peluncuran hari danau sedunia. Lalu, pembentukan integrated water resources management atau kelompok pengelolaan sumber daya air di negara kepulauan dan negara-negara kecil.

11