Home Info IKN Nusantara Sinergi Otorita IKN dan BKKBN Tangani Stunting di Wilayah IKN

Sinergi Otorita IKN dan BKKBN Tangani Stunting di Wilayah IKN

Nusantara, Gatra.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (Otorita IKN) berupaya melakukan intensifikasi percepatan penurunan stunting dan pelaksanaan program pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana di wilayah IKN. Hal tersebut direalisasikan dalam penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Otorita IKN dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Hunian Pekerja Konstruksi pada Senin, (6/5) kemarin.

“Penandatanganan MoU ini didasari oleh persiapan IKN di masa depan dengan generasi penduduk yang berkualitas, unggul, dan berdaya saing tinggi. Karena nanti di proyeksi 2045, mereka yang akan menjadi penduduk usia matang adalah mereka generasi muda termasuk balita,” ucap Deputi Advokasi, Informasi, dan Penggerakan BKKBN, Sukaryo Teguh Santoso.

Nota kesepahaman ini menjadi titik mula kerja sama antara Otorita IKN dan BKKBN. Dalam kerja sama kedepannya, kedua belah pihak akan berfokus dalam meningkatkan percepatan penurunan stunting dan juga pelaksanaan program pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana yang akan disusun bersama.

Sukaryo menambahkan bahwa upaya ini juga menjadi bentuk intensifikasi penurunan stunting nasional, yang saat ini berada di angka 21,4% dan target penurunan hingga 14% di tahun ini.

Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN, Alimuddin menyebut adanya langkah seperti program intensifikasi penurunan tingkat stunting di IKN sangat penting mengingat Nusantara akan menjadi kota berkualitas percontohan di Indonesia.

“IKN harus sempurna dalam semua aspek, termasuk tumbuh kembang anak yang akan mengisi IKN di masa depan. Selain itu pengendalian jumlah perkembangan penduduk yang hanya sampai 2 juta di Nusantara adalah PR selanjutnya, karena kita adalah pilot project sebagai kota dunia untuk semua,” kata Deputi Alimuddin.

Dalam kegiatan ini juga, diberikan bantuan berupa paket sembako telur hasil kerjasama antara Otorita IKN, BKKBN dan Bank Kaltimtara kepada 50 keluarga penerima bantuan di wilayah Nusantara dalam pencegahan tumbuh kembang stunting pada bayi.

Deddy Widyanto, Pimpinan Cabang Sepaku Bank Kaltimtara mendukung aktif upaya pemberdayaan masyarakat di IKN.

“Kami (Bank Kaltimtara) mendukung peningkatan taraf hidup masyarakat terlebih masyarakat di delienasi IKN dalam turut aktif menjadi bagian kegiatan ini,” sebut Deddy.

67