Home Pendidikan Stafsus Menag Dorong Guru PAI Miliki Cara Tepat Ajar 43 Juta Siswa di Indonesia

Stafsus Menag Dorong Guru PAI Miliki Cara Tepat Ajar 43 Juta Siswa di Indonesia

Bogor, Gatra.com - Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki tanggung jawab penting. Yaitu, memberikan pemahaman agama kepada 43 juta siswa muslim di Indonesia. 

Atas dasar itu, Staf Khusus Menteri Agama (Stafsus Menag) Abdul Rochman meminta para guru PAI punya metode ajar agama yang tepat di sekolah, meski jam pelajaran yang tersedia sangat singkat.

“Guru Pendidikan Agama Islam ini menjadi sangat penting. Sebab, (pemahaman) 43 juta anak muslim Indonesia ini ada di pundak dan menjadi tanggung jawab dari bapak ibu sekalian,” ujar Abdul Rochman dalam acara Pembinaan dan Pembekalan Mutu SDM Moderasi Beragama Pada PAI di Kabupaten Bogor, Jumat (17/5).

Baca Juga: Pacu Kualitas Guru PAI, Kemenag Usung 7 Roadmap

Gus Adung, panggilan akrabnya, menegaskan bahwa guru PAI harus punya target tentang pelajaran-pelajaran agama yang hanya 2 jam dalam 1 minggu di sekolah umum. 

“Dengan 2 jam seminggu itu, kita juga harus memikirkan apa yang kita ajarkan kepada siswa. Yang lainnya bobotnya bisa dikurangi dari itu, tapi bukan berarti lainnya tidak penting. Minimal salatnya itu benar. Berarti wudhu, salat, doa atau wiridan setelah salat,” sebutnya.

Gus Adung juga menekankan pentingnya kemampuan membaca Al-Qur'an. Keluar dari SD, SMP, SMA, kata dia, para siswa minimal harus bisa baca Al-Qur'an. Guru PAI harus bisa mencari metode yang paling cepat.

Selain itu, ia menggambarkan bahwa buku agama bisa diringkas dan dibuat agar siswa bisa mempelajari agama dengan mudah dan lebih simpel, seperti tentang rukun Islam, fiqihnya salat dan haji.

“Dibuat tabel-tabel misalnya. Itu dibuat yang simpel sehingga orang itu bisa memahami agama dengan cara yang lebih mudah. Selebihnya adalah penekanan ketauhidannya, dan terutama akhlaknya itu. Dan itu harus dibentuk melalui keteladanan,” terangnya.

Baca Juga: Era Digital, Guru PAI Harus Adaptif dan Jadi Penjernih

Pelajaran agama Islam di sekolah umum, kata dia, itu sebaiknya sifatnya praktikal. "Kita tidak sedang mencetak ahli agama di sekolah-sekolah umum, tapi mencetak umat Islam yang menjalankan agama, yang mempraktikkan agama. Beda dengan madrasah atau pesantren. Kita menyiapkan untuk orang yang mendalami agama," katanya.

Guru PAI, kata Koordinator Stafsus, harus bisa berpikir bagaimana caranya agar para siswa bisa mencintai agamanya. "Semangat untuk beragama, moderat berfikirnya dengan waktu yang sangat pendek. Itu bagaimana kita mengajarkannya karena waktu kita ini pendek," katanya.

Lebih lanjut, Stafsus Menag menyebut bahwa Direktorat PAI sebuah unit yang sangat penting karena akan berpengaruh terhadap 43 juta anak muslim se-Indonesia. Oleh karenanya, keberhasilan pengembangan program dan kebijakan yang diambil harus diutamakan.

"Kalau Direktorat ini gagal di dalam mengembangkan programnya, kebijakannya itu maka punya pengaruh terhadap 43 juta anak muslim di Indonesia," pungkasnya.

12