Home Sumbagsel Cuaca di Madinah Tembus 40 Derajat Celcius, Jamaah Diminta Hemat Energi

Cuaca di Madinah Tembus 40 Derajat Celcius, Jamaah Diminta Hemat Energi

Palembang, Gatra.com - Kondisi cuaca di Kota Madinah kini memasuki musim panas, bahkan saat ini suhunya tembus lebih dari 40 derajat celcius. Oleh karena itu, para jamaah haji asal Sumatera Selatan (Sumsel) diminta Kementerian agama provinsi setempat untuk menghemat energi. Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumsel Armet berpesan kepada jemaah agar mereka dapat menghemat energi. Hal ini mengingat cuaca di Madinah sedang panas.

“Cuaca Madinah saat ini lebih dari 40 derajat celcius. Kami mengimbau jamaah haji mengurangi aktivitas di luar hotel. Perbanyak istirahat, minum yang cukup, jangan menunggu haus baru minum,” ujar Armet usai melepas keberangkatan jamaah Kloter 6 Embarkasi Palembang di Aula Asrama Haji Sumsel, Sabtu sore (18/5).

Ia meminta Jemaah Kloter 6 memiliki tenggang rasa dan peduli sesama. Jamaah usia muda hendaknya dapat membantu jemaah lanjut usia. Dengan itu, seluruh jemaah dapat menjalani rangkaian ibadah haji, mulai dari rukun haji, wajib haji, maupun sunnah haji.

“Semoga bapak atau ibu semua meraih haji mabrur,” katanya.

Dia mengatakan, Kloter 6 merupakan gabungan dari jemaah asal Pagaralam, Palembang, Pangkal Pinang, Bangka Barat, Belitung, dan Belitung Timur. Jumlah jemaah yang berangkat 450 orang dengan rincian 223 asal Sumsel, 222 asal Babel, dan lima petugas kloter.

“Kloter 6 sendiri akan diberangkatkan malam ini menuju Madinah dari Bandara SMB II Palembang,” ujarnya.

Dengan keberangkatan Kloter 6, sambung dia, Embarkasi Palembang telah memberangkatkan sebanyak 2.691 jamaah. “Rinciannya, sebanyak 1.553 asal Sumsel, 1.108 asal Bangka Belitung, dan 30 petugas kloter,” katanya.

20