Home Hukum Kompolnas Optimis Polda Jawa Barat Akan Usut Tuntas Kematian Vina dan Eky di Cirebon

Kompolnas Optimis Polda Jawa Barat Akan Usut Tuntas Kematian Vina dan Eky di Cirebon

Jakarta, Gatra.com- Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) optimis kasus pembunuhan dan pemerkosaan Vina Dewi Arsita di Cirebon, Jawa Barat pada 2016 silam bakal diungkap secara tuntas oleh Polda Jawa Barat. Berdasarkan hasil klarifikasi, penyidik masih terus mengejar tiga pelaku yang buron.

"Saya optimis terungkap, karena Kombes Surawan Dirkrimum Polda Jabar, berhasil mengungkap kasus pembunuhan Subang dan akhirnya maju ke pengadilan. Ini sebuah prestasi dan saya harap dikasus ini juga sama," kata Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto saat dikonfirmasi, Selasa, (21/5).

Selain itu, Benny mengaku semakin yakin bakal terungkap lantaran kasus Vina juga telah mendapatkan atensi dari Bareskrim Polri. Penyidik disebut segera mengambil langkah-langkah strategis untuk mengusut keberadaan ketiga DPO tersebut.Termasuk, membuka kembali barang bukti dan pemeriksaan terhadap para narapidana.

"Tentunya Polri akan memfokuskan kekuatannya untuk segera mengungkapkan dan menuntaskan kasus pembunuhan ini," jelasnya.

Di samping itu, Benny membantah soal kabar keterlibatan anggota Polri yang sengaja menutupi kasus tersebut. Ia justru mengatakan salah satu korban pembunuhan yakni Muhammad Rizky Rudiana alias Eky, merupakan anak dari Perwira Pertama Polri.

"Apa yang beredar di media sosial (keterlibatan angggota) sudah disampaikan Kombes Surawan bahwa itu tidak benar. Justru salah satu korban merupakan anak perwira polisi, bukan dari ketiga pelaku," pungkasnya.

Kasus Vina sendiri kembali mencuat, setelah kisahnya diangkat menjadi film layar lebar. Film ini sendiri sudah dilihat oleh jutaan penonton.

Warga kemudian menyoroti belum tertangkapnya tiga pelaku utama, pada peristiwa tragis dan sadis yang terjadi di Cirebon itu.

Pada kasusnya, Vina diketahui tewas bersama teman lelakinya bernama Rizky karena dikeroyok dan diperkosa kelompok bermotor. Diketahui ada 11 pelaku yang membunuh Vina dan Rizky. Namun, baru 8 orang yang diadili.

29