Home Pendidikan Tingkatkan Kualitas Guru Bahasa Inggris di Indonesia, Kemendikbud Ristek Gandeng British Council

Tingkatkan Kualitas Guru Bahasa Inggris di Indonesia, Kemendikbud Ristek Gandeng British Council

Jakarta, Gatra.com - Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kemendikbud Ristek bekerja sama dengan British Council untuk meningkatkan kualitas guru Bahasa Inggris di Indonesia melalui program bernama "Pengembangan Model Pelatihan Guru Bahasa Inggris di Indonesia".

Program ini merupakan tindak lanjut dari Permendikbud Ristek Nomor 12 Tahun 2024 tentang Penerapan Kurikulum Merdeka sebagai Kurikulum Nasional.

Dalam Kurikulum Merdeka ini, mata pelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar (SD) akan ditetapkan sebagai mata pelajaran wajib pada tahun 2027/2028.

“Pengenalan Bahasa Inggris kepada siswa sejak dini itu dapat menghasilkan siswa yang lebih siap dalam menghadapi era globalisasi. Tentunya ini harus didukung dengan peningkatan kompetensi guru-gurunya,” kata Sotya Mayangwuri, Penanggung jawab program PKB dan Penguatan Karakter, Direktorat Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Selasa (28/5).

Menurut Sotya, guru adalah akses terdepan untuk siswa. Oleh karenanya, Kemendikbud merasa perlu ada program yang tepat bagi para guru Bahasa Inggris untuk memberikan pembelajaran yang baik bagi para siswa.

“Jadi, kemampuan pedagogis (metode belajar) itu yang ingin dibuatkan. Itu kenapa kita membutuhkan banyak dukungan, terutama dari British Council untuk program ini,” ujarnya.

Dirinya berharap program ini dapat membuat guru Bahasa Inggris lebih kompeten, lebih menguasai teknik pedagogis, dan lebih meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrisnya, sehingga siswa-siswa dapat merasakan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan bermakna.

“Semoga kolaborasi ini terus berjalan seperti juga British Council selalu mendukung program kami di Kemendikbud Ristek. Semoga amanah dan bisa menjadikan siswa Indonesia semakin siap dalam menghadapi era globalisasi,” tutup Sotya.

Pada kesempatan yang sama, Country Director Indonesia and Director South East Asia British Council, Summer Xia mengatakan British Council berkomitmen untuk mendukung Indonesia dalam pengembangan pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia. Menurutnya, Bahasa Inggris sangat penting untuk masa depan siswa dan guru.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kemendikbud Ristek atas kesempatan kepada British Council untuk bekerja sama dalam inisiatif yang berdampak ini. Saya berkomitmen mendukung Indonesia dalam pengembangan pendidikan Bahasa Inggris,” kata Summer Xia.

176