Home Ekonomi Masuk Pasar Indonesia, Çelebi Aviation Operasi di 26 Bandara

Masuk Pasar Indonesia, Çelebi Aviation Operasi di 26 Bandara

Jakarta, Gatra.com- Çelebi Aviation, penyedia layanan ground handling, kargo dan gudang serta penerbangan umum dengan 65 tahun pengalaman, resmi memasuki pasar Indonesia. Dengan langkah strategis ini, Çelebi Aviation akan beroperasi di 26 bandara di Indonesia.

Tonggak ini secara resmi ditandai dalam konferensi pers yang diadakan di Jakarta, yang dihadiri oleh manajemen senior Çelebi Aviation, Duta Besar Turki untuk Indonesia, dan perwakilan dari Kementerian Indonesia. “Investasi ini menandai tonggak penting dalam strategi ekspansi global kami dan menegaskan komitmen kami terhadap pasar Indonesia” ungkap Group CEO Çelebi Aviation, Dave Dorner dalam konferensi persnya, Kamis (30/5).

Langkah ini dilakukan dengan mengakuisisi Prathita Titiannusantara (PTN) senilai US$7,5 juta dimana Çelebi Aviation akan menyediakan layanan darat, penerbangan umum, dan juga layanan khusus lainnya. Beroperasi di 6 negara dan lebih dari 60 station di tiga benua, Çelebi Aviation melayani pelanggannya di seluruh dunia dari kantor pusatnya di Turki serta di India, Hungaria, Jerman, Tanzania, dan Indonesia.

Baca juga: Geger Laporan KNKT: Dua Pilot Batik Air Tertidur 28 Menit Selama Penerbangan Kendari-Jakarta

“Çelebi Aviation telah berkembang pesat sejak didirikan pada tahun 1958 sebagai penyedia layanan ground handling swasta pertama di Turki. Perjalanan kami di Indonesia menandai babak baru untuk cerita perkembangan kami," ungkap Dave.

Menurut dia, Çelebi Aviation membawa warisan integritas dan keunggulan, serta ingin memberikan dampak positif pada sektor aviasi Indonesia. "Mengedepankan teknologi dan inovasi, memungkinkan kami untuk memenuhi kebutuhan yang terus berkembang sekaligus mengurangi jejak lingkungan kami,” paparnya lagi.

Group CEO Çelebi Aviation, Dave Dorner. (GATRA/Dok Çelebi Aviation) 

Ketua Dewan Direksi Çelebi Aviation Holding, Canan Çelebioğlu mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk pertumbuhan dan
perkembangan di sektor aviasi. Juga memiliki lokasi yang strategis, ekonomi yang sedang berkembang pesat, dan budaya yang beragam.

Baca juga: Turbulensi Parah Pesawat Singapore Airlines, Satu Penumpang Tewas Puluhan Dirawat

"Kami ingin berkontribusi pada lanskap penerbangan negara ini, mendukung kemajuan ekonominya, dan menjadi mitra terpercaya dalam perjalanannya yang sejalan dengan visi pemerintah Indonesia. Kami memandang investasi kami sebagai komitmen jangka panjang, mencari cara untuk berkontribusi pada pengembangan negara tersebut sembari menyelaraskan dengan kebijakan dan tujuannya," ungkap dia.

Canan juga menyoroti pentingnya investasi ini dengan menyebut dengan potensi besar dan pertumbuhan dari industri aviasi di Indonesia. "Ketika Çelebi memilih untuk berinvestasi di negara baru, kami melakukannya dengan mempertimbangkan potensi pertumbuhannya, sikap negara tersebut terhadap investor asing, dan kesesuaian budayanya," jelasnya.

Presiden India & Asia Tenggara untuk Çelebi Aviation, Murali Ramachandran menekankan signifikansi secara regional dari ekspansi ini: "Indonesia memiliki pasar aviasi terbesar di Asia Tenggara, menjadikannya sektor yang sangat baik untuk pergerakan penumpang maupun kargo. Masuknya kami ke pasar dinamis ini menegaskan komitmen kami untuk berkontribusi pada infrastruktur penerbangan dan pembangunan ekonomi Indonesia," jelas dia.

1001