Home Ekonomi Investasi Çelebi Aviation Perkuat Perdagangan dan Pariwisata Indonesia

Investasi Çelebi Aviation Perkuat Perdagangan dan Pariwisata Indonesia

Jakarta, Gatra.com- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia menekankan pentingnya investasi Çelebi Aviation di Indonesia. Ia berharap langkah ini akan memperkuat ikatan kedua negara dan melahirkan kerja sama yang signifikan.

"Turki dan Indonesia memiliki peran penting di panggung global dan bersemangat untuk mewariskan warisan signifikan kepada generasi mendatang. Kami juga terletak di persimpangan penting; Selat Malaka yang dilalui lebih dari 50% perdagangan global dan Bosphorus, jembatan bersejarah yang menghubungkan Asia dan Eropa," ungkapnya melalui pesan video dalam konferensi pers masuk Çelebi Aviation di Indonesia pada Kamis (30/5).

Sandiaga menyebut investasi ini penting bagi keduanya untuk bekerja sama dengan kuat. Kerja sama ini dapat dibina melalui perdagangan dan pariwisata, yang meningkatkan pertukaran antar rakyat Turki dan Indonesia. "Saya berharap investasi Çelebi Aviation di Indonesia dapat menjadi strategi penting sebagaimana Indonesia berkembang untuk menjadi pusat dunia untuk pariwisata dan perdagangan, termasuk e-commerce di wilayah kita," ungkap dia.

Baca juga: Siap Perkuat Bisnisnya, BBN Airlines Indonesia Tambah 4 Armada Boeing 737

Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Hubungan Masyarakat dan Umum, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan, Mokhammad Khusnu menekankan pentingnya
industri penerbangan dalam pembangunan ekonomi. Seperti diketahui bahwa industri penerbangan berfungsi sebagai pilar penting untuk membangun ekonomi, memfasilitasi perdagangan, meningkatkan pariwisata, dan menyambungkan konektivitas antar bangsa

"Besar harapan kami atas kehadiran Çelebi Aviation di Indonesia dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap sektor transportasi udara Indonesia," ungkap Mokhammad.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Indonesia juga berharap dengan pengalaman Çelebi Aviation, kemitraan ini akan mendukung peningkatan komitmen tidak hanya untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat, tetapi juga untuk lebih mematuhi standar keselamatan dan keamanan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (International Civil Aviation Organization/ICAO).

​​​​​​Baca juga: Masuk Pasar Indonesia, Çelebi Aviation Operasi di 26 Bandara

Duta Besar Turki untuk Indonesia, Talip Küçükcan menyebutkan pentingnya hubungan antara kedua
negara. “Tahun depan kami akan merayakan tahun ke-75 hubungan diplomatik antara Turki dan
Indonesia. Meski hubungan kami baru berusia 75 tahun, kami mempunyai hubungan yang kuat," jelas dia.

Dia memaparkan bahwa jika melihat kembali ke abad ke-16, para Sultan Kekaisaran Ottoman telah menginjakkan kaki di Indonesia. Nama Çelebi Aviation sudah dikenal luas. "Bahkan lebih tua dari saya. Karena siapa pun yang menggunakan bandara di Turki, saya pikir mereka pasti melihat Çelebi Aviation. Kini kami melihat bahwa Çelebi Aviation telah beroperasi di negara-negara lain, serta di berbagai tempat lainnya," katanya.

Menurut dia, ini adalah momentum yang penting untuk membuktikan bahwa pengalaman, teknologi, dan pengetahuan Çelebi Aviation akan dapat berkontribusi pada Indonesia. Juga memperkuat Hubungan Bilateral Ekspansi Çelebi Aviation ke Indonesia diharapkan menciptakan banyak peluang bagi penyerapan tenaga kerja lokal dan pengembangan industri.

59