Home Pendidikan Nguri-nguri Budaya Jawa, TK PL Tarsisius Gelar Padhang Mbulan

Nguri-nguri Budaya Jawa, TK PL Tarsisius Gelar Padhang Mbulan

Semarang, Gatra.com - Dalam program projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) TK PL Tarsisius Semarang menggelar acara Pagelaran Padhang Mbulan, Jumat (31/5).

Acara yang digelar di halaman TK PL Tarsisius ini diikuti oleh puluhan murid, mulai dari TK kecil hingga TK besar.

Kepala Sekolah TK PL Tarsisius, Fransida Tirani Dewi mengatakan, program ini mengangkat tema "Cinta Kota Semarang" yang dimana anak-anak diajarkan untuk mencintai budaya kota Semarang.

Baca Juga: Pelajar Temanggung Kembali Raih Juara Matematika Internasional di Australia dan Vietnam

"Anak-anak sekarang sudah mulai meninggalkan budaya karena seringnya bermain gadget di rumah. Ini juga mengajak anak untuk nguri-nguri budaya jawa, apalagi banyak dolanan Jawa yang banyak anak-anak tidak tahu," lanjutnya.

Dewi mengungkapkan, program P5 ini dilaksanakan satu tahun dua kali, sehingga dapat menemani proses pembelajaran peserta didik untuk dapat membangun karakter anak-anak sebagaimana dalam profil pelajar Pancasila.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) ini juga diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk memiliki pengetahuan sebagai proses penguatan karakter, sekaligus belajar dari lingkungan di sekitarnya.

Baca Juga: Kearifan Budaya Bali Dikenalkan Lewat Gelaran Telu

"Setiap tahun kita adakan dua kali program P5, dan ini sudah memasuki semester 2," ungkapnya.

Dewi berharap, dengan adanya program ini anak-anak bisa lebih mengenal budaya Jawa, dan juga bergotong royong serta peduli dengan teman-teman sekitarnya.

"Orang tua juga diharapkan mendukung, sehingga dapat di aplikasikan di rumah dan anak-anak tidak lupa dengan budaya Jawa," tandasnya.

52