Home Regional Hari Lahir Pancasila, Pj. Wali Kota Batu Ajak Masyarakat Amalkan Nilai-nilai Pancasila

Hari Lahir Pancasila, Pj. Wali Kota Batu Ajak Masyarakat Amalkan Nilai-nilai Pancasila

Kota Batu, Gatra.com – Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ke-79 tahun 2024 di Kota Batu, berlangsung khidmat di halaman Balaikota Among Tani Kota Batu, Sabtu, (1/6). Upacara ini dipimpin langsung oleh Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, dan dihadiri oleh seluruh jajaran Forkopimda Kota Batu serta para undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Aries Agung Paewai, mengajak seluruh elemen masyarakat Kota Batu untuk kembali merenungkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini, tema yang diangkat adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

“Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat,” ujar Aries Agung Paewai.

Lebih lanjut, Pj. Wali Kota Batu mengingatkan bahwa Pancasila adalah pemersatu bangsa dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah. Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini dan bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa, akan menjadi tantangan ke depannya.

"Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi," ujar Aries.

Mengakhiri pidato, Aries menekankan tentang pentingnya ideologi Pancasila sebagai fondasi serta mengajak masyarakat untuk merawat Pancasila bersama-sama.

“Mengakhiri pidato ini, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama, bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni,” pungkasnya.

16