Home Nasional Beri Bantuan Air Bersih, Prabowo Gunakan Helikopter Mendarat di Gunungkidul

Beri Bantuan Air Bersih, Prabowo Gunakan Helikopter Mendarat di Gunungkidul

Gunungkidul, Gatra.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meninjau pemasangan pipa air bersih di Kelurahan Banyusoco, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (3/6).

Prabowo melakukan kunjungan kerja di Gunungkidul menggunakan helikopter dan mendarat di lapangan sepakbola tidak jauh dari lokasi acara.

Prabowo menyempatkan diri melihat langsung pemanfaatan air dari pipa baru. Presiden terpilih 2024 sekaligus nantan Pangkostrad itu juga mengajak lurah atau kepala desa Banyusoca untuk memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik.

"Saya titip pesan, segala sarana, prasarana, yang sudah dibantu, diberikan itu, dijaga, dirawat supaya kegunaannya, manfaatnya, lebih lama," ujarnya.

Rektor Universitas Pertahanan Letjen TNI Jonni Mahroza mengatakan, pemasangan pipa tersebut digunakan untuk membantu pengairan pertanian warga. "Setahun kita harapkan dapat panen dua kali," katanya.

Jonni juga mengatakan, program ini merupakan hasil penelitian dan eksplorasi Satuan Tugas (Satgas) Air Universitas Pertahanan (Unhan) sebagai bagian dari program pengabdian masyarakat. "Bantuan ini akan dimanfaatkan oleh 1.500 kepala keluarga," ujarnya.

Menurutnya, sepanjang 2023, Satgas Air Unhan telah menemukan sumber air dan membangun instalasi air bersih di lebih dari 130 lokasi di berbagai daerah di Indonesia.

"Bantuan ini berhasil kita berikan salah satunya di Nusa Tenggara Barat (NTB), Yogjakarta, Jawa Barat, Maluku Barat Daya, dan Banten," kata Jonni.

37