Home Regional Bakal Ada yang Beda di Festival Sungai Siak 2024

Bakal Ada yang Beda di Festival Sungai Siak 2024

Siak, Gatra.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, Riau, kembali menggelar Festival Sungai Siak pada 20-23 Juni 2024.

Helat yang difokuskan pada kawasan tepian bandar sungai jantan ini menjadi edisi kedua setelah gelaran perdana tahun lalu. 

"Festival Sungai Siak 2024 ini akan kita kemas lebih baik lagi ketimbang tahun lalu. Ada perbedaan sub even nya," kata Kepala Dinas Pariwisata Siak, Tekad Perbatas Setia Dewa kepada Gatra.com, Selasa (4/6).

Selain pertunjukan seni budaya, lomba memancing dan lomba sampan hias yang kembali dibuat seperti sebelumnya, tahun ini akan ada lomba memasak, lomba mewarnai, lomba fotografi, seminar dan eksebisi, bazar kuliner dan susur Sungai Siak.

"Kegiatan ini menjadi rangkaian HUT Siak ke-25 pada Oktober nanti. Opening Ceremony tetap kayak tahun lalu, dilakukan di pinggir Sungai Siak. Ada panggung di atas kapal ferry yang terapung di atas sungai," Tekad mengurai

Lebih jauh lelaki ini menyebut, pihaknya telah mengundang kabupaten kota yang dilewati sungai-sungai besar di Provinsi Riau. Misalnya kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Indragiri Hulu, hingga Indragiri Hilir untuk memeriahkan acara itu.

"Kita berharap even dan meningkatnya kualitas even, akan mampu menarik wisatawan berkunjung ke Kota Siak. Sehingga dampak kegiatan ini, secara ekonomi dapat dinikmati langsung oleh masyarakat," harapnya.

Adapun tujuan lain digelarnya even ini kata Tekad adalah sebagai sarana edukasi bagi masyarakat dalam rangka melestarikan Sungai Siak agar tetap bersih, sehingga fungsinya kembali sebagai salah satu sumber kehidupan.

Selain Festival Sungai Siak, tahun ini Dinas Pariwisata Siak juga akan menggelar beberapa ivent skala nasional & internasional seperti Tour de Siak dan Siak Serindit Boat Race.


 

744