Home Nasional Indonesia City Expo Jadi Ajang Unjuk Inovasi Kota

Indonesia City Expo Jadi Ajang Unjuk Inovasi Kota

Balikpapan, Gatra.com - Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Eri Cahyadi membuka secara resmi Indonesia City Expo (ICE) 2024 di halaman Balikpapan Sport dan Covention Center, Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (4/6) .

Peresmian Pameran yang mengusung tema pembangunan inovasi, wisata dan produk unggulan 2024 ini dilakukan di sela sela penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) .

"Pameran ini sangat penting sebagai pertukaran informasi para pelaku usaha dari berbagai daerah,” ujar Eri Cahyadi, yang juga Walikota Surabaya ini.

Lebih dari 50 kota ambil bagian dalam pameran yang digelar selama tiga hari ini (4-6 juni 2024). Selain menampilkan produk produk unggulan daerah, termasuk produk UMKM, juga ditampilkan ragam inovasi pelayanan publik dan pengembangan sektor pariwisata daerah masing masing.

Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud menyambut baik penyelenggaraan Rakernas Apeksi dan Pameran ICE 2024 di kota Balikpapan. Menurutnya, hal ini akan berdampak positif bagi perekonomian Kota Balikpapan. “Untuk kegiatan Apeksi, kami total menghabiskan anggaran Rp16 miliar sebagai tuan rumah. Namun dampak positifnya tentu terjadi bagi UMKM Kota Balikpapan. Karena memang prioritas kami adalah menghidupkan UMKM," ujar Rahmad Mas'ud. Menurutnya, kehadiran para delegasi peserta Rakernas XVII Apeksi turut berkontribusi bagi perputaran uang di Kota Balikpapan, dan diprediksi mencapai angka Rp 45 miliar.

Sementara bagi para peserta Rakernas dan Pameran ICE 2024, ajang kali ini menjadi etalase untuk menunjukan program dan inovasi daerah masing masing, termasuk menjalin kolaborasi dan sinergi antar daerah. Hal itu disampaikan Pj walikota Tegal Dadang Sumantri kepada Gatra.

Tegal sendiri menurut Dadang, selain menampilkan produk produk unggulan yang dimilikinya, juga menawarkan objek-objek wisata unggulan di Tegal. “Jawa Tengah khususnya Tegal punya objek objek wisata yang menarik. Sehingga saya mengajak teman teman dari daerah lain untuk datang ke Tegal,”ujar Dadang.

Ia mencontohkan pengembangan wisata ‘Pantai Indah’ di Kota Tegal yang kini sedang dikembangkan sebagai objek wisata watersport. “Kami melengkapi dengan berbagai sarana watersport, salah satunya dengan jetski,” kata Dadang.

Selain itu, Tegal yg terletak di Pantai Utara Jawa dan memiliki garis pantai cukup panjang juga mengembangkan wisata diving dengan menikmati terumbu karang yang indah dan terjaga. “Jadi buat penyuka wisata menyelam, tidak perlu jauh jauh, krn kita (Tegal) juga punya,” tambah Dadang.

Rakernas Apeksi yang mengusung tema “Kota Sejahtera, Indonesia Maju” ini dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo. Hadir pula mendampingi Mendagri Muhammad Tito Karnavian, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

59