Home Politik NasDem Rekomendasikan Ilham Habibie Maju Pilgub Jawa Barat

NasDem Rekomendasikan Ilham Habibie Maju Pilgub Jawa Barat

Jakarta, Gatra.com - Partai NasDem telah mengeluarkan surat rekomendasi putra presiden ke-3 RI B.J. Habibie, Ilham Akbar Habibie sebagai calon gubernur atau wakil gubernur dalam Pilkada Jawa Barat 2024.

Ketua Umum Partai NasDem Surya menilai sosok Ilham Habibie memiliki rekam jejak yang mumpuni sebagai modal awal dalam memimpin masyarakat Jawa Barat.

"Kami juga mempunyai keyakinan sepenuhnya bahwa kemampuan, kapasitas, dan profesionalitas Ilham Habibie cukup mumpuni untuk memimpin Jawa Barat,"" kata Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (6/6).

Menurut Surya Paloh, pemberian surat rekomendasi ini merupakan langkah pendidikan politik yang bertujuan memberikan ruang yang lebih besar bagi anak-anak bangsa untuk berpartisipasi aktif dalam pemerintahan.

"Siapa yang sangka? Siapa yang duga? Orang menganggap Bung Ilham ini hanya saintis saja, ilmuwan yang duduk diam, tetapi tertarik untuk bisa bertarung pada suatu pilkada. Kami tahu ini medan yang tidak ringan, medan yang cukup bebas, memerlukan ketabahan hati, keuletan, kesigapan yang cukup luas, tetapi ini proses learning by doing," ujarnya.

Di sisi lain, Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat, Saan Mustopa, menyatakan bahwa Ilham Akbar Habibie ditargetkan sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat untuk Pilkada 2024. Saan menyebutkan bahwa DPW sedang menjalin komunikasi intensif dengan beberapa partai lain, seperti PKS, PKB, Gerindra, dan Demokrat.

"Mudah-mudahan nanti proses komunikasi yang terus kami intensifkan, dan juga kami sudah membangun kesepahaman dengan beberapa partai di level Jawa Barat itu nanti bisa bermuara, nanti terbentuk koalisi strategis untuk mengusung Ilham," ujarnya.

Meski begitu, komunikasi intensif juga akan dilakukan oleh DPP dengan partai-partai lain, mengingat Pilkada Jawa Barat adalah salah satu pilkada yang strategis.

Ilham Akbar Habibie sendiri mengaku bahwa proses diskusi dengan NasDem untuk Pilkada Jawa Barat memerlukan waktu sekitar tiga minggu, dengan pertemuan yang berlangsung di NasDem Tower dan Bandung.

Menurut Ilham, Jawa Barat memiliki peran penting dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045 melalui pertumbuhan ekonomi dan penguatan industri. Selain itu, Jawa Barat juga memiliki potensi besar di berbagai sektor lainnya.

"Selain dari industri, kita juga punya universitas yang sangat-sangat baik. Tidak perlu saya sebut satu-satu, banyak sekali, dan kita juga punya masyarakat yang kreatif, dan kita punya pertanian, juga punya perkebunan, juga punya perikanan, juga pariwisata pun kita punya," katanya.

"Jadi, yang namanya Jawa Barat ini adalah satu provinsi yang lengkap dengan semuanya, dan menurut saya, kita harus berjuang untuk kemajuannya." tambahnya.

15