Home Kesehatan Hari Donor Darah Sedunia: PMI Demak Sediakan Souvenir Menarik

Hari Donor Darah Sedunia: PMI Demak Sediakan Souvenir Menarik

Demak, Gatra.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Demak, Jawa Tengah menyediakan souvenir menarik untuk para peserta donor darah pada Jumat (14/6).

Acara ini digelar sebagai perigatan Hari Donor Darah Sedunia yang diperingati setiap tanggal 14 Juni. Saat ini, peringatan sudah memasuki tahun ke-20.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kabupaten Demak dr. Ribekan mengatakan acara itu mengusung tema "Merayakan memberi: Terima kasih Pendonor Darah". 

Baca Juga: Bulan Kesadaran Katarak, 900 Orang Dapat Operasi Katarak Gratis

“Hal ini  ini bertujuan menyampaikan terima kasih dan menghargai jutaan pendonor darah sukarela yang telah berkontribusi terhadap kesehatan dan kesejahteraan jutaan orang di seluruh dunia,” ungkapnya saat hadir di Studio RSKW FM untuk talkshow  dengan tema "Setetes Darah Kita, Nyawa Bagi Semua", Kamis (13/6).

Talkshow di RSKW ini, katanya, merupakan sarana untuk menyampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada para pendonor darah di Kabupaten Demak khususnya dan seluruh pendonor darah di dunia umumnya, serta mensosialisasikan pentingnya donor darah.

Pada kesempatan tersebut dr. Ribekan juga menjelaskan terkait persyaratan untuk para pendonor yang meliputi usia minimal 17 tahun dan maksimal 60 tahun. Berat badan minimal 50 kg. Sehat jasmani dan rohani. Tidak sedang mengonsumsi obat. Tidak menderita penyakit menular seperti Hepatitis dan Syphilis. Serta Wanita tidak sedang hamil, menyusui, atau menstruasi.

Baca Juga: Pemkab Demak Serahkan Bantuan Hibah Organisasi Kemasyarakatan

Sementara Ahmad Fadholi Staf P2D2S PMI Kabupaten Demak menambagkan, warga yang ingin mendonorkan darahnya bisa datang langsung Jum'at 14 Juni 2024 mulai pukul 08.00 - 15.00 WIB,  di markas PMI Kabupaten Demak. 

“Jangan lewatkan karena akan ada doorprize bagi 100 pendonor pertama," ungkap Fadholi.

Dia menambahkan, masyarakat yang masih ragu berdonor darah jangan takut untuk melakukan donor darah. “Karena donor darah menyehatkan, membuat tubuh terasa lebih ringan, sehat bugar, dan tentu darah yang kita berikan sangat bermanfaat bagi sesama,” jelasnya.

32