Home Ekonomi Jokowi Dorong Pemda untuk Upgrade Sistem Pertanian jadi Smart Agriculture

Jokowi Dorong Pemda untuk Upgrade Sistem Pertanian jadi Smart Agriculture

Jakarta, Gatra.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong pemerintah daerah (pemda) khususnya di Kabupaten/Kota untuk meningkatkan sistem pertanian menjadi smart agriculture.

Hal itu ia sampaikan dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi tahun 2024, di Istana Negara, Jakarta Pusat yang berlangsung hari ini, Jumat (14/6).

“Sekarang adalah eranya teknologi smart system, terutama di kabupaten kita harus bisa meng-upgrade sistem pertanian kita menjadi smart agriculture, terutama untuk unggulan-unggulan di daerah masing-masing," kata Jokowi.

Jokowi juga mendorong Pemda untuk melakukan penelitian terhadap komoditas unggulan saja. Menurutnya, daerah di Indonesia memiliki bentangan yang panjang dan setiap daerah memiliki unggulan masing-masing.

“tidak usah meneliti sampai ratusan, satu saja yang unggulan, lakukan riset buat percontoban, berhasil. Copy, replikasi, tugas kita itu,” jelasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mendorong pemda untuk mendatangkan investasi yang akan membangun pabrik pengolahan, sehingga nilai tambah hasil dari setiap produksi pertanian akan berlipat.

Ia juga meminta Pemda untuk membangun sistem distribusi yang terintegrasi. Seperti halnya yang telah dilakukan oleh China.

“Sehingga betul sistem distribusi yang terintegrasi, sehingga saya kira kalau koordinasi pusat dan daerah bisa berjalan apa yang tadi saya sampaikan bisa kita lakukan,” pungkasnya.

43