Home BUMN Hari Donor Darah Sedunia: Karyawan Semen Gresik Kompak Gelar Aksi Donor Darah dan Suplai Ratusan Kantong Darah ke PMI

Hari Donor Darah Sedunia: Karyawan Semen Gresik Kompak Gelar Aksi Donor Darah dan Suplai Ratusan Kantong Darah ke PMI

Rembang, Gatra.com - PT Semen Gresik sebagai anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) bersinergi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Rembang, beserta komunitas sosial yang dikelola oleh karyawan, OASE, rutin menggelar aksi donor darah setiap 3 bulan kepada para karyawan di lingkungan perusahaan.

Terhitung kegiatan aksi donor darah diikuti sebanyak 140 pendonor dari karyawan PT Semen Gresik dan perusahaan afiliasi yang dilaksanakan di lingkungan Pabrik Rembang.

Senior Manager of Communication & CSR PTSG, Sulistyono, menuturkan bahwa aksi donor darah ini secara rutin dilaksanakan, selain untuk memenuhi kebutuhan pasokan darah PMI. Aksi ini sekaligus untuk memperingati hari donor darah sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Juni.

Baca Juga: Kopi Lelet Pandawa Binaan Rumah BUMN Rembang Semen Gresik Mampu Raih Omzet Miliaran Rupiah Per Tahun

“Sebagai wujud nyata bahwa perusahaan hadir dalam kepedulian sosial di masyarakat, dengan aktif dalam pemenuhan kebutuhan pasokan darah kepada unit transfusi darah PMI di area Jawa Tengah terkhusus di Kabupaten Rembang dan sekitarnya,” ujarnya.

Pihaknya bersyukur tindakan mulia ini berhasil menggerakkan hati nurani karyawan untuk mau mendonorkan darah. “OASE proaktif mengadakan aksi donor darah, melihat kondisi Rembang menjadi daerah dengan pemenuhan kebutuhan kantong darah yang masih rendah di banding kabupaten sekitar lainnya,” sebutnya.

Beberapa karyawan mendonorkan darah yang digelar oleh Oase PT Semen Gresik berkolaborasi dengan PMI Kabupaten Rembang. (Dok.PTSG)

Komunitas OASE, jelasnya, merupakan komunitas dari karyawan Semen Gresik yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan. Selain menggelar aksi donor darah, sinergi juga terlaksana dalam agenda sosialisasikan pencegahan demam berdarah dan bersih desa Tegaldowo dan kegiatan sosial lainnya.

Sementara itu, Ketua komunitas OASE PT Semen Gresik, Kiagus Yonori Eka, menyampaikan bahwa aksi donor darah berdampak positif bagi kesehatan tubuh, sekaligus memberikan harapan hidup bagi sesama dan membantu pemenuhan stok kantong darah PMI Rembang dan area sekitar.

“Dari total 140 pendonor, kami rutin laksanakan setiap 3 bulan sekali, dan berhasil menyuplai 122 kantong darah ke PMI Rembang. Sehingga harapannya semoga aksi donor darah ini terus konsisten sehingga memberikan kebermanfaatan bagi banyak orang,” jelasnya.

13