Home Pendidikan Polimedia Sambut Ratusan Camaba SNBT

Polimedia Sambut Ratusan Camaba SNBT

Jakarta, Gatra.com - Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) menerima 913 calon mahasiswa baru yang telah lulus pada Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) Tahun 2024. Penerimaan tersebut adalah hasil dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dilaksanakan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

"Tahun ini terdapat peningkatan jumlah peserta lulus SNBT, dari sebelumnya 725 calon mahasiswa, peningkatan ini naik sebesar 25,9%,” ucap Direktur Polimedia, Tipri Rose Kartika di Jakarta, Selasa (18/6).

Berdasarkan rekapitulasi data, jumlah peminat pada jalur SNBT meningkat dua kali lipat lebih dari tahun lalu sebesar 1.748 menjadi 4.709 peminat. Meski daya tampungnya menurun dari tahun lalu, namun jumlah peserta yang lulus meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa Polimedia semakin banyak diminati oleh calon mahasiswa.

"Peminatan masih tinggi di Sarjana Terapan yakni Teknologi Rekayasa Multimedia sebanyak 526 peminat dan jenjang D3 yakni Penyiaran sebanyak 744 peminat," jelas Tipri.

Jika dibandingkan antara daya tampung dan peminat, maka tingkat ketetatan untuk jenjang D4 Pengelolaan Perhotelan yakni dengan daya tampung 96 diminati sebanyak 346 peserta. Sedangkan untuk jenjang D3 tingkat ketetatan paling tinggi ada di prodi Seni Kuliner dengan daya tampung 64 diminati sebanyak 471 peserta.

Sementara itu, berdasarkan data Penerimaan Mahasiswa Baru yang diumumkan Kemdikbudristek melalui Konferensi Pers Pengumuman SNBT 2024, Polimedia menduduki urutan ke-15 kategori 20 PTN Vokasi Dengan Pendaftar Terbanyak. Kemudian di kategori 20 PTN Vokasi Dengan Rerata Nilai UTBK Tertinggi, Polimedia berada di urutan ke-12 dengan skor tertinggi 524,32.

Bagi peserta SNBT yang belum berhasil lulus, Polimedia menyediakan jalur Mandiri yang akan dibuka pada 23 Juni 2024 mendatang. Pada Ujian Mandiri Polimedia membuka pada semua program studi dengan daya tampung 10% dari keseluruhan. Ujian Mandiri ini akan dilakukan secara luring di Kampus Polimedia dengan Ujian Berbasis Komputer dan Ujian Gambar untuk prodi tertentu.

"Ujian Mandiri Polimedia akan dibuka 23 Juni, jadi bagi yang belum berkesempatan di SNBT, bisa mengikuti jalur Mandiri ini, maksimal lulusan tiga tahun terakhir, yakni 2022, 2023, dan 2024," jelas Ketua Panitia PMB Polimedia, Cholid Mawardi.

Polimedia sebagai perguruan tinggi vokasi berbasis industri kreatif ini memenuhi kebutuhan ekonomi kreatif. Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian melesat, Polimedia menyiapkan lulusan terbaik dari 15 prodi pilihan di Kampus Jakarta, 4 prodi di Kampus PSDKU Medan dan 4 prodi di Kampus PSDKU Makassar.

32