Home Olahraga Ratusan Penyandang Disabilitas Ikuti Pencarian Bakat Calon Atlet NPCI

Ratusan Penyandang Disabilitas Ikuti Pencarian Bakat Calon Atlet NPCI

Blora, Gatra.com- Ratusan penyandang disabilitas mengikuti program talent scouting atau pencarian bakat yang digelar National Paralympic Comitte Indonesia (NPCI) Kabupaten Blora. Kegiatan digelar selama 1 hari di GOR Mustika, Rabu (19/6).

Ketua NPCI Blora, Sriyono Abdul Qohar mengatakan, Kegiatan talent scouting diikuti sebanyak 150 peserta. Para peserta berasal dari seluruh Sekolah Luar Biasa (SLB) dan masyarakat umum se Kabupaten Blora.

"Peserta kali ini sangat luar biasa. Diluar ekspektasi panitia. Kemarin yang masuk data kita itu ada 120 tapi hari ini hampir 150an orang. Ya rata-rata itu anak-anak SLB, tapi juga ada masyarakat umum yang disabilitas," kata Sriyono

Sriyono mengungkapkan, tujuan dari kegiatan talent scouting ini adalah untuk mencari bakat-bakat calon atlet disabilitas. Mereka nantinya akan diberdayakan NPCI untuk dijadikan atlet profesional.

"Jadi tujuannya ini untuk mencari calon atlet NPCI Blora. Anak-anak ini kita lihat dan tes bakatnya sesuai dengan kualifikasi kondisi fisik masing-masing. Kita dibantu langsung pemandu bakat dari NPCI Jawa tengah untuk mengetes kemampuan dan bakat mereka," ujarnya.

Sriyono berharap kegiatan hari ini dapat memunculkan calon atlet profesional yang nantinya dapat membanggakan NPCI dan Kabupaten Blora.

"Tentunya harapannya akan muncul bakat-bakat baru yang selama ini tidak kita ketahui. Sehingga mereka akan menjadi kebanggaan NPCI dan Pemkab Blora di setiap ajang kejuaran baik tingkat Jawa tengah, Nasional bahkan sampai dunia," harapnya.

Bupati Blora yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Agus Puji Mulyono mengapresiasi program pencarian bakat bagi atlet disabilitas. Ia berharap para calon atlet penyandang disabilitas yang mengikuti acara ini bisa semangat dan termotifasi untuk menjadi seorang atlet profesional.

"Tentunya kami sangat mendukung kegiatan yang digelar oleh NPCI ini. Semoga dengan kegiatan ini akan muncul atlet-atlet disabilitas Blora yang berpretasi hingga tingkat dunia. Karena NPCI ini organisasi yang sudah diakui hingga tingkat dunia. Saya minta adik-adik tepat semangat dan termotivasi untuk menjadi atlet profesional," ucapnya.

12