Home Politik Pilgub NTB, Survei Indikator: Rohmi-Firin Masih Tertatas

Pilgub NTB, Survei Indikator: Rohmi-Firin Masih Tertatas

Mataram, Gatra.com – Setelah sebelumnya lembaga survei Presesi menempatkan Paslon Cagub Cawagub Nusa Tenggara Barat (NTB) Rohmi-Firin berada di urutan teratas, kini lembaga survei Indikator menempatkan pasangan Rohmi-Firin berada di puncak dengan angka elektabilitas 26,7 persen. Survei dilakukan bulan Mei 2024.

Ketua DPW PPP NTB, H Muzihir, membenarkan survei Indikator menempatkan Rohmi-Firin dengan persentase 26,7 persen tertinggi, Zul-Uhel 24,2 persen, Lalu Iqbal-Dinda 6,6 persen, dan Gita-Sukiman 2,6 persen.

"Sampai dengan saat ini baru pasangan Rohmi-Firin yang sudah menyerahkan partai koalisi pendukung sementara Gita-Sukiman dan Zul-Uhel belum diterima,” kata Muzihir, Rabu, (19/6).

Ia menyampaikan, dari PDIP dan Perindo punyanya Rohmi-Firin baru 7 kursi yang diperoleh, dari Gita-Sukiman belum ada kabar berikutnya, termasuk pasangan Zul-Suhaili yang katanya dari PKS belum diserahkan.

“Kita memproses yang sudah ada sajalah," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Prediksi Survei dan Statistik Indonesia (Presisi) NTB merilis hasil survei elektoral bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB khusus di wilayah Kabupaten Lombok Timur.

Dalam survei, Presisi mensimulasikan empat pasangan calon (paslon) yang digadang-gadang akan berlaga di Pilgub NTB 2024 mendatang.

Paslon pertama Sitti Rohmi Djalillah-Musyafirin (Rohmi-Firin), dilanjutkan Zulkieflimansyah-Suhaili (Zul-Uhel), Lalu Gita Ariadi-Sukiman Azmy (Gita-Sukiman).

Sedangkan untuk Lalu Muhamad Iqbal disandingkan dengan tiga bakal calon wakil Gubernur yakni Bupati Bima Indah Dhamayanti Putri, politikus PKB asal Bima yang juga anggota DPR RI terpilih periode 2024-2029 Mahdalena, dan mantan ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah NTB Arsyad Gani.

Hasilnya tingkat keterpilihan pasangan Rohmi-Firin berada di posisi paling atas dengan raihan angka 39,5 persen, kemudian Gita-Sukiman 12,7 persen, Zul-Uhel 3,7 persen, Iqbal-Indah 3,1 persen, Iqbal-Arsyad Gani 3,1 persen, dan Iqbal-Mahdalena 0,7 persen.

246