Home Ekonomi Indonesia Bakal Jadi Basis Ekspor Mobil Listrik ke 54 Negara

Indonesia Bakal Jadi Basis Ekspor Mobil Listrik ke 54 Negara

Jakarta, Gatra.com – Pemerintah Indonesia menetapkan target produksi kendaraan listrik di tahun 2030 mendatang mencapai 600 ribu unit. Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan hal itu pada petinggi NETA Auto Overseas saat berkunjung ke Beijing, China pekan lalu. NETA Auto Overseas bersama tiga perusahaan mobil listrik lainnya sepakat akan turut berkontribusi memperluas pasar ekspor mobil listrik Indonesia.

Mr. Zhou Jiang sebagai Vice President of NETA Auto, menyampaikan, “Kami setuju dan mendukung, untuk menjadikan Indonesia sebagai hub produksi EV setir kanan untuk pasar ekspor. Dan tentunya, kami pun akan berkomitmen untuk memenuhi TKDN hingga 60% di akhir tahun 2026 sebagai upaya kami memenuhi program Pemerintah Indonesia. Kami harap kesepakatan dan komitmen NETA ini akan memajukan industri mobil listrik Tanah Air,”

NETA, sebagai salah satu distributor mobil listrik Indonesia dapat turut serta berkontribusi meningkatkan produksi mobil listrik setir kanan dan memasarkannya hingga ke 54 negara. Sinkronisasi antara dukungan Pemerintah serta peran para pelaku industri kendaraan listrik, diharapkan mampu membuat pasar otomotif Tanah Air terus maju hingga ke pasar ASEAN dan Mancanegara.

“Kami sangat mengapresiasi pemerintah khususnya Kementerian Perindustrian, yang telah mendukung NETA dalam proses pemanfaatan insentif sehingga NETA dapat meraih nilai TKDN sebesar 44 persen untuk produk baru kami yaitu NETA V-II. Kedepannya, kami berkomitmen untuk terus berupaya mengikuti rencana dan langkah kemajuan kendaraan mobil listrik,” kata Mr. Zhou Jiang selaku Vice President of NETA Auto lewat siaran pers.

34