Home Gaya Hidup Buruan, Festival Imigrasi 2024 Bandung Bakal Layani 1.000 Pemohon Paspor

Buruan, Festival Imigrasi 2024 Bandung Bakal Layani 1.000 Pemohon Paspor

Jakarta, Gatra.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi akan menyelenggarakan Festival Imigrasi "Imifest" 2024 di Sasana Budaya Ganesa ITB, Bandung, Jawa Barat, pada Sabtu (22/06).

Penanggung Jawab Humas Ditjen Imigrasi, Achmad Nur Saleh mengungkapkan bahwa acara ini bekerja sama dengan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung, sebanyak 1.000 pemohon paspor akan mendapatkan layanan.

“Imifest merupakan program edukasi dan sosialisasi kebijakan keimigrasian yang digelar di kota-kota berbeda setiap tahunnya dengan berbagai tema. Kali ini, Ditjen Imigrasi mengusung tema “Cekatan Pastikan Pelesiran Aman”, yang menitikberatkan pentingnya kesadaran masyarakat dalam memastikan kebenaran data pemohon paspor dan tujuan keberangkatannya agar aman selama berada di luar negeri,” ujar Achmad Nur Saleh.

Imifest 2024 di Bandung akan menyelenggarakan dua talkshow yang terbuka untuk umum. Talkshow pertama, berjudul "Paspor Aman Liburan Nyaman", akan memberikan wawasan mengenai proses permohonan paspor yang benar, persiapan sebelum keberangkatan ke luar negeri, dan tips traveling.

Peserta yang hadir juga akan mendapatkan pengetahuan tentang hal-hal yang perlu diwaspadai untuk meminimalisir risiko dari oknum tidak bertanggung jawab.

Talkshow kedua, "Work and Holiday Visa", akan membahas berbagai aspek dan tips untuk mendapatkan surat rekomendasi dari Ditjen Imigrasi guna mengajukan permohonan Work and Holiday Visa (WHV) Australia. Program WHV telah menjadi pilihan bagi pemuda usia 18-30 tahun yang ingin berlibur di Australia sambil bekerja nonformal. Dalam sesi ini, peserta juga akan mendengar pengalaman langsung dari narasumber yang telah mengikuti program tersebut.

Untuk memenuhi kebutuhan pengunjung, tersedia stand makanan dan minuman di luar area pelayanan paspor. Pengunjung yang ingin menikmati suasana malam minggu juga dapat mendengarkan penampilan musik dari band Juicy Lucy pada penutupan acara.

Pada tahun 2023, Imifest sukses diadakan di Denpasar, Bali, dan Yogyakarta, DIY. Tema yang diusung di setiap kota disesuaikan dengan kebutuhan target pengunjung.

Di Denpasar, Imifest memberikan edukasi mengenai kebijakan visa, izin tinggal, dan pengawasan warga negara asing (WNA).

Sementara di Yogyakarta, Imifest 2023 memberikan informasi tentang Visa Pendidikan bagi pelajar asing serta informasi mengenai WHV Australia kepada pelajar dan mahasiswa dari berbagai institusi pendidikan.

179