Home Pendidikan Prodi PGSD Presuniv Berhasil Raih Akreditasi Unggul dari LAMDIK

Prodi PGSD Presuniv Berhasil Raih Akreditasi Unggul dari LAMDIK

Bekasi, Gatra.com - Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) President University (Presuniv) berhasil meraih peringkat akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK).

Dekan Fakultas Humaniora yang menaungi Prodi PGSD Presuniv, M. Syafi’i Anwar menyebut bahwa raihan akreditasi ini merupakan hasil kerja keras Prodi PGSD dan unit-unit pendukungnya.

"Untuk itu saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Prodi PGSD dan unit-unit pendukung, termasuk dukungan dari universitas, sehingga akhirnya mereka berhasil meraih peringkat akreditasi Unggul dari LAMDIK," katanya dalam keterangan yang diterima pada Rabu (26/6).

Menurutnya, akreditasi Unggul menjadi bukti dan sekaligus pengakuan bahwa penyelenggaraan pendidikan di Prodi PGSD Presuniv, sudah sesuai dengan standar nasional.

"Jadi, kualitas pendidikannya sudah terjamin," ujarnya.

Oleh karena itu, ia mengajak para lulusan SMA yang tertarik menjadi guru SD untuk bergabung di Presuniv. Selain pendidikan yang terjamin, lulusan Prodi PGSD Presuniv juga cepat diserap dunia kerja.

Cepatnya penyerapan lulusan itu dibenarkan oleh Ketua Prodi PGSD Presuniv, Ani Pudjiastuti. Ia menyebut, asesor LAMDIK pun menilai bahwa waktu tunggu para lulusan Prodi PGSD adalah nol.

"Itu artinya dengan waktu tunggu yang nol, para lulusan Prodi PGSD sama sekali tak perlu menunggu untuk mendapatkan pekerjaan. Bahkan sebetulnya banyak mahasiswa PGSD yang sebelum lulus kuliah pun sudah ditawari untuk bekerja sebagai guru oleh berbagai sekolah internasional," jelas Ani.

Ia menambahkan, kecepatan penyerapan lulusan Prodi PGSD berkat program magang yang diterapkan oleh Presuniv. Oleh karena kinerja yang baik selama menjalani program magang, pihak sekolah internasional tertarik untuk langsung merekrut mahasiswa yang bersangkutan.

"Jadi, sebetulnya banyak mahasiswa Prodi PGSD yang sudah mendapatkan pekerjaan sebelum mereka lulus kuliah. Inilah yang banyak memberikan kontribusi terhadap waktu tunggu yang nol tadi," jelasnya.

Menurutnya, salah satu faktor yang menyebabkan lulusan Prodi PGSD Presuniv cepat mendapat pekerjaan adalah penggunaan bahasa Inggris dalam kegiatan perkuliahan. Lantaran, sekolah-sekolah internasional membutuhkan pengajar yang mampu melakukan kegiatan belajar mengajar menggunakan bahasa Inggris.

"Sebetulnya banyak universitas yang mempunyai Prodi PGSD, tetapi mereka tidak menyelenggarakan perkuliahannya dalam bahasa Inggris. Jadi, penggunaan bahasa Inggris betul-betul menjadi faktor penentu keunggulan Prodi PGSD di Presuniv," kata Ani.

13