Home Internasional Pemilu Inggris: Partai Buruh Menangkan Kursi Parlemen, Keir Starmer Bakal Jadi Perdana Menteri

Pemilu Inggris: Partai Buruh Menangkan Kursi Parlemen, Keir Starmer Bakal Jadi Perdana Menteri

London, Gatra.com - Partai Buruh Inggris memenangkan daerah pemilihan parlemen pertama yang dideklarasikan dalam pemilihan umum pada hari Kamis (5/47. Kemenangan itu sekaligus mengalahkan kandidat Reformasi Inggris untuk menempati posisi kedua di kursi Houghton dan Sunderland Selatan di Inggris utara.

Reuters, Kamis (4/7) melaporkan, sebuah jajak pendapat keluar menunjukkan pada hari Kamis bahwa Keir Starmer akan menjadi perdana menteri Inggris berikutnya dengan Partai Buruh yang dipimpinnya, dan siap memenangkan mayoritas besar dalam pemilihan parlemen. Sementara Partai Konservatif yang dipimpin Rishi Sunak diperkirakan akan mengalami kekalahan bersejarah.

Jajak pendapat menunjukkan Partai Buruh akan memenangkan 410 kursi di parlemen yang beranggotakan 650 orang, mengakhiri 14 tahun pemerintahan yang dipimpin Partai Konservatif.

Partai Sunak diramalkan hanya akan memperoleh 131 kursi, turun dari 346 saat parlemen dibubarkan, karena para pemilih menghukum Partai Konservatif atas krisis biaya hidup dan ketidakstabilan serta pertikaian selama bertahun-tahun, yang telah mengakibatkan lima perdana menteri berbeda sejak 2016.

Partai Liberal Demokrat yang beraliran tengah diprediksi akan memperoleh 61 kursi sementara partai Reform UK yang dipimpin juru kampanye Brexit Nigel Farage, diramalkan akan memperoleh 13 kursi.

Dalam enam pemilihan nasional terakhir, hanya satu jajak pendapat yang hasilnya salah - pada tahun 2015 ketika jajak pendapat memprediksi parlemen yang tidak akan menghasilkan suara mayoritas, padahal sebenarnya Konservatif memenangkan mayoritas. Hasil resmi akan menyusul kemudian.

Sunak mengejutkan Westminster dan banyak orang di partainya sendiri dengan mengumumkan pemilu lebih awal dari yang diperlukannya pada bulan Mei, saat Partai Konservatif tertinggal dari Partai Buruh dengan sekitar 20 poin dalam jajak pendapat.

Ia berharap kesenjangan itu akan menyempit sebagaimana yang terjadi secara tradisional dalam pemilihan umum Inggris, tetapi defisit itu gagal untuk diatasi dalam kampanye yang cukup membawa bencana.

Semuanya bermula buruk ketika dirinya basah kuyup oleh hujan di luar Downing Street saat mengumumkan hasil pemungutan suara, sebelum para pembantunya dan kandidat Konservatif terjebak dalam skandal perjudian atas taruhan mencurigakan yang dilakukan pada tanggal pemilihan.

Kepergian awal Sunak dari acara peringatan D-Day di Prancis untuk melakukan wawancara TV membuat marah para veteran, dan bahkan mereka yang berada di partainya sendiri mengatakan hal itu menimbulkan pertanyaan tentang ketajaman politiknya.

Jika jajak pendapat keluar terbukti benar, hal itu merupakan perubahan haluan yang luar biasa bagi Starmer dan Partai Buruh, yang menurut para kritikus dan pendukungnya tengah menghadapi krisis eksistensial hanya tiga tahun lalu, ketika kehilangan kursi parlemen pada perubahan 16 persen suara ke Partai Konservatif. Sebuah kemenangan yang hampir unik bagi partai yang berkuasa.

Namun serangkaian skandal - terutama pengungkapan pesta di Downing Street selama karantina wilayah akibat COVID - melemahkan perdana menteri saat itu, Boris Johnson dan pada November 2021, keunggulan jajak pendapat Konservatif, yang sebelumnya lebih tinggi daripada kapan pun selama 11 tahun pemerintahan Margaret Thatcher, hilang begitu saja.

Masa jabatan perdana menteri Liz Truss yang buruk selama enam minggu, yang menyusul pengunduran diri Johnson pada akhir tahun 2022, semakin memperparah kemunduran tersebut, dan Sunak tidak mampu memberikan pengaruh apa pun terhadap keunggulan Partai Buruh yang kini mendominasi jajak pendapat.

Meskipun jajak pendapat menunjukkan tidak ada antusiasme besar terhadap pemimpin Partai Buruh Starmer, pesannya yang sederhana bahwa sudah saatnya untuk perubahan tampaknya telah mendapat sambutan dari para pemilih.

Berbeda dengan di Prancis, di mana partai sayap kanan National Rally pimpinan Marine Le Pen memperoleh kemenangan bersejarah dalam pemilihan umum Minggu lalu, publik Inggris yang kecewa tampaknya malah beralih ke kiri-tengah.

52