Home Regional Pilkada Sulawesi Utara, Elektabilitas Jan Samuel Maringka Dekati Elly Engelbert Lasut

Pilkada Sulawesi Utara, Elektabilitas Jan Samuel Maringka Dekati Elly Engelbert Lasut

Manado, Gatra.com - Hasil survei terbaru dari Warna Research Center (WRC) menunjukkan bahwa elektabilitas Jan Samuel Maringka makin mendekati Bupati Kepulauan Talaud, Dr. dr. Elly Engelbert Lasut, menjelang Pilkada Gubernur Sulawesi Utara pada November 2024.

Direktur Eksekutif WRC, Hilman Firmansyah, menyatakan bahwa prestasi dan kinerja Jan Maringka selama menjabat sebagai Jaksa Muda Intelijen dan Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, telah menarik perhatian masyarakat Sulawesi Utara. Hal ini berdampak positif terhadap elektabilitasnya sebagai calon gubernur.

"Program dan capaian di lembaga Kejaksaan dan Kementan telah dilakukan Jan Maringka menjadi kekuatannya dalam mendapatkan dukungan elektabilitas dirinya," kata Hilman dalam keterangannya, Jumat (5/7).

Survei ini menunjukkan bahwa Jan Maringka memperoleh apresiasi positif dalam kategori top of mind dengan elektabilitas sebesar 24,7 persen, hanya terpaut 1,1 persen dari Elly Lasut yang memperoleh 25,8 persen.

Tokoh lainnya yang masuk dalam survei ini adalah Steven Kandau dengan elektabilitas 15,8 persen, Yulius Komaling 5,1 persen, Tetty Paruntu 3,2 persen, Carlo Tewu 2,4 persen, dan beberapa tokoh lainnya yang mendapat kurang dari 2 persen.

"Tingkat kesukaan dan ketertarikan masyarakat Sulawesi Utara terhadap Jan Maringka mencapai 78,9 persen, sedangkan Elly Lasut hanya pada angka 63,3 persen, Steven Kandow 62,7 persen, Yulius Komaling 47,8 persen, Tetty Paruntu 40,2 persen lalu Carlo Tewu 38,9 persen." bebernya.

WRC juga melakukan simulasi Pilkada dengan pertanyaan tertutup untuk mengukur tingkat keterpilihan calon gubernur Sulawesi Utara. Hasilnya, Jan Maringka dipilih oleh 27,3 persen responden, sedikit lebih unggul dari Elly Lasut yang dipilih oleh 27,1 persen responden.

Steven Kandau memperoleh tingkat keterpilihan sebesar 14,3 persen, Tetty Paruntu 6,2 persen, Yulius Komaling 5,1 persen, Tatong Bara 4,2 persen, Carlo Tewu 2,1 persen, sementara 13,7 persen responden memilih untuk tidak menentukan pilihan.

Hilman menyatakan bahwa berdasarkan hasil survei, jika Elly Lasut dan Jan Maringka berpasangan sebagai calon gubernur dan wakil gubernur, mereka berpotensi memenangkan Pilkada dengan keunggulan signifikan. Tingkat keterpilihan gabungan mereka bahkan bisa melebihi 50 persen.

Survei ini dilakukan pada 23 Juni hingga 3 Juli 2024 dengan melibatkan 1.200 responden yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Utara.

Metode yang digunakan adalah random sampling, dan wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin kesalahan dari survei ini adalah sebesar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sementara itu, Pengamat Politik Dr. Muhammad Adlan Nawawi menyarankan bahwa untuk memperbesar peluang kemenangan, sebaiknya pemenang elektabilitas pertama dan kedua bergabung.

"Bergabung akan memudahkan upaya meraih kemenangan, terutama karena perbedaan elektabilitas yang tipis. Selain itu, ini dapat meminimalkan potensi sengketa pemilu antara pemenang elektabilitas pertama dan kedua," ujarnya.

36