Home Regional Survei Cagub Sulawesi Utara, Eks Irjen Kementan Jan Maringka Kembali Teratas

Survei Cagub Sulawesi Utara, Eks Irjen Kementan Jan Maringka Kembali Teratas

Jakarta, Gatra.com - Indonesia Development Monitoring (IDM) merilis hasil survei terkait bursa calon Gubernur Sulawesi Utara pada Pilkada 2024. Direktur Eksekutif IDM, Heru Suyatno mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil survei IDM periode 23 Juni–3 Juli 2024, Jan Samuel Maringka memimpin dengan diikuti oleh Elly Engelbert Lasut.

"Dalam simulasi pertanyaan tertutup terhadap 12 nama calon gubernur Sulut, Jan Samuel Maringka memperoleh 20,7%. Di posisi kedua ada Rita Maya Tamuntuan dengan 17,8%," terangnya kepada Gatra.com, Selasa (9/7).

Kemudian, lanjut Heru, Elly Lasut dengan 16,2%. Berikutnya, Andrei Angouw 7,1%, Steven Kandau 5,2%, James Sumendap 3,4%, dan Vicky Lumentut 2,9%.

​​​​​​Baca juga: Survei Pilgub Sulut 2024, Jan Maringka Ungguli Elly Engelbert Lasut dan Steven Kandouw

Heru menambahkan, dalam survei semi terbuka yang melibatkan 10 nama kandidat, Jan Samuel Maringka mendapatkan dukungan 22,1%, diikuti oleh Elly Engelbert Lasut dengan 21,2% dan Rita Tumuntuan dengan 11,8%.

Kandidat lainnya seperti Steven Kandau, Mayjen (Purn) Yulius Selvanus Komaling, dan Christiani E. Paruntu masing-masing memperoleh 8,3%, 7,4%, dan 5,2%.

Walaupun dalam survei top of mind, Elly Engelbert Lasut masih unggul dengan 19,9%, Jan Samuel Maringka hanya berselisih sedikit dengan 19,7%.

"Rita Tumuntuan berada di posisi berikutnya dengan 10,6%. Di urutan selanjutnya ada Steven Kandau dengan 8,5%, Yulius Komaling 5,6%, dan Christiani E. Paruntu 5,2%." jelasnya.

​​​​​​Baca juga: Percepat Implementasi AI untuk Industri, Lintasarta dan KORIKA Jalin Kerjasama Strategis

Sementara itu, Prof. Alex Masengi, seorang akademisi dan pengamat politik, menyatakan bahwa kualifikasi dan pengetahuan Jan Maringka sebagai akademisi menjadikannya kandidat yang patut diperhitungkan untuk memimpin Sulut.

"Akademisi sering kali memiliki visi jangka panjang dan mampu merancang strategi yang berdasar pada penelitian dan prediksi tren masa depan. Akademisi juga memiliki inovasi dan kreativitas, makanya pendekatan akademis sering mendorong inovasi dan solusi kreatif untuk masalah yang kompleks. kemampuan manajerial dan kepemimpinan," jelas Alex.

Alex juga menekankan bahwa akademisi memiliki visi dan strategi jangka panjang yang berlandaskan penelitian dan prediksi tren masa depan.

"Pendekatan akademis sering mendorong inovasi dan solusi kreatif untuk masalah yang kompleks, serta kemampuan manajerial yang mumpuni dan integritas yang tinggi." pungkasnya.

105