Home Internasional Pemimpin Hizbullah Lebanon Bertemu Hamas Bahas Perundingan Gencatan Senjata di Gaza

Pemimpin Hizbullah Lebanon Bertemu Hamas Bahas Perundingan Gencatan Senjata di Gaza

Beirut, Gatra.com - Pemimpin Hizbullah Lebanon, Sayyed Hassan Nasrallah dan pejabat tinggi Hamas Khalil Al-Hayya membahas perkembangan terbaru di Jalur Gaza, dan negosiasi yang bertujuan mencapai gencatan senjata di sana selama pertemuan. 

“Nasrallah menerima wakil kepala Hamas Hayya untuk pertemuan tersebut, yang meninjau perkembangan keamanan dan politik terkini" di Jalur Gaza,” kata Hizbullah yang didukung Iran dalam sebuah pernyataan, dikutip Reuters, Jumat (5/7).

"Mereka juga membahas perkembangan terakhir dalam negosiasi yang sedang berlangsung saat ini, suasananya, dan proposal yang diajukan untuk mengakhiri agresi berbahaya terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza," kata pernyataan itu.

Seorang pejabat senior pemerintah AS mengatakan pada hari Kamis bahwa Hamas telah membuat penyesuaian yang cukup signifikan dalam posisinya mengenai kemungkinan kesepakatan pembebasan sandera dengan Israel, dan menyatakan harapan bahwa hal itu akan mengarah pada sebuah pakta yang akan menjadi langkah menuju gencatan senjata permanen.

Hizbullah dan Israel telah saling tembak sejak Oktober di perbatasan Lebanon-Israel dalam konflik yang berlangsung bersamaan dengan perang Gaza, sehingga meningkatkan kekhawatiran akan terjadinya konflik yang lebih besar antara kedua musuh bebuyutan yang bersenjata lengkap itu.

33