Home Regional Faldo Maldini Bakal Maksimalkan AI Jika Maju Pilwalkot Tangerang

Faldo Maldini Bakal Maksimalkan AI Jika Maju Pilwalkot Tangerang

Jakarta, Gatra.com - Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Faldo Maldini menilai bahwa teknologi kecerdasan buatan, atau artificial intelligence (AI) sangat membantu dalam menyusun strategi kampanye.

Pada Pemilu Legislatif 2024, Faldo juga mengaku menggunakan teknologi AI untuk memahami kekuatan politik di berbagai daerah pemilihan.

"Teknologi ini memberikan data akurat mengenai isu-isu yang dihadapi masyarakat di suatu daerah, sehingga kami bisa menyusun strategi yang lebih tepat sasaran," kata Faldo dalam konfernsi pers kerja sama antara tvOne dan Pilkada.AI di Jakarta, Selasa (9/7).

Faldo berencana menggunakan Pilkada.AI jika maju sebagai calon walikota Tangerang pada Pilkada 2024. 

"Dengan bantuan Pilkada.AI, kami bisa menyusun strategi yang lebih baik dan tepat sasaran," tambahnya.

Sebelumnya, tvOne dan platform teknologi generative AI, Pilkada.AI resmi menjalin kerja sama yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas informasi dan berita terkait Pilkada 2024.

Direktur Business Marketing/Sales & Programming tvOne, Maria Goretti Limi, menyatakan bahwa kerja sama ini akan mempermudah kontestan Pilkada 2024 dalam menyusun strategi kampanye.

"Kami sangat yakin dengan Pilkada.AI, yang merupakan pengembangan dari Pemilu.AI, tingkat sukses rate-nya mencapai 72 persen," ujarnya.

"Pengalaman pemilu sebelumnya menunjukkan bahwa tim sukses sering kesulitan mengumpulkan data, sehingga strategi yang disusun kerap tidak tepat sasaran. Dengan teknologi AI dari Pilkada.AI, proses ini menjadi lebih mudah dan efisien," ujarnya.

Maria menjelaskan bahwa teknologi AI ini sudah terbukti mumpuni. Pada Pemilu sebelumnya, tvOne bekerja sama dengan platform Pemilu.AI yang memiliki tingkat akurasi mencapai 70 persen.

"Kalau dilihat dari keberhasilan dari Pilkada.Ai yang dulunya ada satu platform namanya pemilu.ai yang tingkat sukses rate-nya sampai 72 persen jadi tvOne dan juga berpartner dengan Pilkada.Ai, ini kita sangat yakin bahwa banyak sekali hal yang bisa kita lakukan untuk membantu dan mensukseskan Pilkada di tahun ini,” ujarnya.

Dengan Pilkada.AI, para kontestan dapat membuat strategi kampanye yang lebih tepat sasaran tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Teknologi ini mampu menganalisis data politik secara akurat dan komprehensif, menyediakan solusi dari rekomendasi program hingga manajemen tim kampanye di lapangan.

"Kerja sama dengan Pilkada. Al ini adalah langkah konkret mewujudkan fungsi tvOne sebagai media massa yang terpercaya untuk mendukung demokrasi di Indonesia supaya terwujud Pilkada 2024 yang smart, efisien, dan sehat,” katanya.

CEO Pilkada.AI, Nadia Shabilla, menjelaskan bahwa Pilkada.AI adalah platform yang menggunakan teknologi generative AI dan big data untuk membantu calon kepala daerah meningkatkan efektivitas kampanye mereka.

Dengan Pilkada.AI, jelas Nadia, pengumpulan dan analisis data politik menjadi lebih akurat dan komprehensif. Kerja sama dengan tvOne membuat fitur-fitur Pilkada.AI semakin lengkap, membantu kontestan kampanye dengan strategi yang lebih efektif dan meningkatkan popularitas mereka melalui tayangan di tvOne.

“Kerja sama dengan tvOne, menjadikan fitur Pilkada. Al semakin lengkap. Dengan menggunakan Pilkada.Al, cakada semakin mudah untuk berkampanye dengan strategi yang tepat sasaran dan efektif, sekaligus semakin meningkatkan popularitas melalui tayangan di tvOne," ujarnya.

"Sehingga setiap Cakada yang berkontestasi di pemilihan kepala daerah ini, mendapatkan kesempatan yang sama untuk memenangkan pemilihan," katanya.

171