Home Olahraga Spanyol Juara Eropa, Lamine Yamal Cetak Assist, Arti Nama Islamnya Tak Terduga

Spanyol Juara Eropa, Lamine Yamal Cetak Assist, Arti Nama Islamnya Tak Terduga

Berlin, Gatra.com- Spanyol juara setelah menekuk Inggris 2-1 di Olympiastadion Berlin, 15/07. Kemenangan Spanyol spesial buat Lamine Yamal, karena menjadi salah satu inspirator terjadinya gol pertama Spanyol.

Yamal memberikan assist pada Nico Williams yang berhasil mengkonversinya menjadi gol menit 47. Bocah ajaib Barcelona itu menahbiskan diri sebagai pemain muda terbaik di Euro 2024. Yamal juga menjadi pembuat assist termuda, hingga pemain paling muda yang tampil di final turnamen mayor melewati catatan legenda Brasil, Pele.

Assistnya kepada Williams menggenapkan kontribusi Yamal untuk Spanyol. Sepanjang Euro 2024, anak dari Mounir Nasraoui itu sukses membuat empat assist, sekaligus terbanyak dan termuda dalam sejarah.

Penampilan gemilang pemain muda Spanyol Lamine Yamal telah menarik perhatian luas – begitu pula dengan akar muslimnya. Kini, tim nasional Spanyol telah mulai bergeser ke arah ini, dengan kemunculan Yamal menandakan berkembangnya wajah sepak bola Spanyol.

Nama remaja berusia 17 tahun itu merupakan adaptasi bahasa Spanyol dari bahasa Arab, Al Amin (berarti 'terpercaya') dan Jamal (berarti 'indah/tampan').

Ayahnya berasal dari Maroko, dan foto-foto yang beredar daring menunjukkan pemain tersebut bersama neneknya yang bangga mengenakan jilbab.

Para pengamat juga memperhatikan ritual Yamal sebelum pertandingan, di mana ia melakukan permohonan dengan tangan terbuka dan telapak tangan menghadap ke atas, mengingatkan pada praktik doa Muslim.

351