Home BUMN Semen Gresik Bersama Petani Sekitar Perusahaan Panen Buah Kelengkeng, Mampu Hasilkan Belasan Juta Rupiah

Semen Gresik Bersama Petani Sekitar Perusahaan Panen Buah Kelengkeng, Mampu Hasilkan Belasan Juta Rupiah

Rembang, Gatra.com - PT Semen Gresik Pabrik Rembang anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), panen buah kelengkeng jenis petlong bersama para petani sekitar perusahaan di kebun holtikultura Pabrik Rembang, Jawa Tengah.

Senior Manager of Communication and CSR PT Semen Gresik, Sulistyono, mengatakan bahwa kebun hortikultura berada di lahan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) wilayah operasional Semen Gresik Pabrik Rembang. 

Di kebun seluas empat hektar ini terdapat ratusan pohon durian, jambu kristal, kelengkeng, serta srikaya jumbo.

Baca Juga: Rumah BUMN Semen Gresik Ajak 20 UMKM KOKOH Benchmarking ke RB Bandung

“Setiap panen yang dilaksanakan para petani per-bulannya, berhasil menghasilkan 163 kg buah kelengkeng yang bagus dan segar,” ungkap Sulistyono pada keterangan tertulisnya (15/7).

Lanjutnya, kegiatan panen tersebut sebagai komitmen perusahaan dalam upaya meningkatkan kualitas hidup, kesejahteraan, serta ekonomi sosial para petani di area pengembangan masyarakat sekitar perusahaan. Sekaligus sebagai penerapan konsep industri hijau, sesuai undang-undang no 3 tahun 2014.

Kelompok mitra tani memanen buah kelengkeng yang ditanam di area kebun Hortikultura Pabrik Rembang. (Dok.PTSG)

”Budidaya tanaman holtikultura mampu memberikan nilai ekonomis yang signifikan bagi petani. Tercatat penjualan buah kelengkeng mampu mencapai total transasksi sebesar Rp19,6 juta. Sehingga, hasil panen bisa kami dinikmati dan dimanfaatkan oleh ratusan petani sebagai bukti nyata bahwa lahan area pabrik pun bisa produktif,” jelasnya.

Sulistyono menambahkan, keberadaan perkebunan holtikultura ini bisa menjadi sentra buah-buahan yang menghasilkan nilai ekonomi tinggi bagi masyarakat sekitar. 

Baca Juga: Semen Gresik Terima Kunjungan dari Tim Pengelolaan Sampah Pemkab Rembang

“Program CSR ini mampu memberikan transfer pengetahuan dan penetrasi teknologi pertanian, perusahaan menegaskan ingin hidup berdampingan dan tumbuh berkembang bersama masyarakat dengan memberikan kebermanfaatan dan kontribusi terbaik,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua kelompok Mitra Tani, Sukardi, menyampaikan sangat terbantu dengan adanya kebun hortikultura.

“Sebelumnya hanya mengerti menanam jagung, sekarang sudah bisa menghasilkan kelengkeng yang tidak disangka bisa subur di Kabupaten Rembang,” tandasnya.

27