Home Ekonomi Percantik Pusat Ekonomi Kota Solo, Pasar Klewer Dicat Ulang

Percantik Pusat Ekonomi Kota Solo, Pasar Klewer Dicat Ulang

Solo, Gatra.com - PT ICI Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) mengecat ulang bangunan Pasar Klewer. Pengecatan ulang ini sebagai upaya memperbarui wajah Pasar Klewer sebagai ikon perekonomian Kota Solo.

Pengecatan dilakukan mulai Rabu (17/7) menggunakan 1.300 liter cat yang terdiri dari 1.130 liter cat dinding eksterior Dulux Weathershield Powerflexx dan Dulux Catylac Exterior, serta 170 liter cat kayu besi Dulux V-Gloss High Gloss. Jumlah ini untuk mengecat ulang bagian luar bangunan Pasar Klewer seluas 6.800 meter persegi.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Solo Gatot Sutanto mengatakan, pengecatan ulang ini wujud komitmen Pemkot Solo agar Pasar Klewer tetap eksis sebagai ikon wisata sekaligus pusat perdagangan di Kota Solo.

”Pemkot Solo beserta masyarakat sangat berterima kasih dengan apa yang dilakukan oleh PT ICI Paints Indonesia ini. Sebab pengecatan ulang ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Solo,” ujarnya di sela acara.

Country Commercial Head, PT ICI Paints Indonesia, Yudhy Aryanto, mengatakan,  pengecatan ulang Pasar Klewer ini bagian dari dukungan berkelanjutan perusahaan cat tersebut untuk Kota Solo dalam membawa dampak positif bagi masyarakat.

”Kami berusaha memberikan cat yang terbaik demi memberi kenyamanan bagi para pedagang dan pengunjung. Sebab cat yang kami pilih ini bisa menurunkan suhu dinding 5 derajat celsius dari suhu normalnya,” ujarnya.

Pasar Klewer merupakan pusat perdagangan tekstil terbesar di Kota Solo yang mulai berkembang di tahun 1940-an. Kini pasar ini ditempati lebih dari 3.000 pedagang tiap harinya. Terletak di dekat kawasan Kasunanan Surakarta, Pasar Klewer memiliki lokasi yang strategis sehingga menjadi tujuan wisata belanja.

Di akhir pekan, jumlah pengunjung bisa mencapai 8.000 orang. Pengecatan ulang bangunan Pasar Klewer diharapkan menarik lebih banyak wisatawan domestik dan mancanegara.

"Pasar ini salah satu ikon dari kota Solo, salah satu kawasan budaya, serta menjadi pusat perekonomian. Diharapkan dengan semakin baiknya Pasar Klewer memberikan peningkatan ekonomi bagi para pedagang,” jelasnya.

Selain di Solo, program pengecatan ulang juga menyasar ikon budaya di beberapa daerah, sseperti Padang, Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta.

 

74