Home Ekonomi Ekosistem Digital dan Kualitas SDM Jadi Modal e-Commerce Kembangkan Investasi di Solo

Ekosistem Digital dan Kualitas SDM Jadi Modal e-Commerce Kembangkan Investasi di Solo

Solo, Gatra.com - Saat ini ekosistem digital dan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi modal perusahaan berbasis teknologi untuk berkembang. Hal ini pula yang diterapkan oleh Shopee saat mengembangkan investasinya di Solo dan berbagai kota lain di Indonesia.

Strategi ini terlihat selama beberapa tahun belakangan, yakni saat Shopee aktif membuka kantor cabang di Solo. Bahkan tercatat lebih dari 1.000 tenaga kerja lokal terserap. Direktur Eksekutif Indonesia Shopee, Christin Djuarto, pun mengatakan bahwa saat ini Shopee memiliki memiliki dua kantor di Solo.

”Jadi kita ada kantor di Solo Paragon di samping mall-nya, juga ada di Solo Technopark. Kalau saya lihat dari sekarang, kita sudah punya ribuan karyawan di Solo,” kata dia, Jumat (26/7).

Penyerapan tenaga kerja ini menyasar wilayah Solo dan sekitarnya. Shopee juga berencana mengembangkan usaha secara lebih luas di kota bengawan.

”Sejauh ini kita lihat kualitas dari talenta di sini (Solo) sangat baik,” katanya saat menjadi pembicara di dialog ‘Pengetan Kamardikan Indonesia 2024’ yang diselenggarakan di Candi Ratna Pura Mangkunegaran, Kota Solo.

Ia mengakui Kota Solo mempunyai daya tarik tersendiri bagi Shopee untuk berinvestasi. Pertama, banyak talenta digital yang berkualitas dan berkarakter, sehingga bisa menunjang performa perusahaan di mata konsumen.

Dari sisi infrastruktur, ekosistem digital di Kota Solo sudah mendukung operasional Shopee selama ini. Apalagi Pemkot Solo menata kembali area Solo Technopark. 

Saat ini dua gedung di Solo Technopark, yakni Sembrani dan Gumarang, digunakan untuk ribuan karyawan Shopee. Selain sebagai area perkantoran, lokasi ini juga diperuntukkan bagi riset dan pengembangan dengan fokus pada inovasi teknologi.

”Untuk talenta di sini (Solo), kualitasnya sangat luar biasa. Dari segi mentalitas, untuk customer experience-nya sangat luar biasa. Kami sendiri sangat mementingkan user experience dan di sini sudah secara natural memperhatikan dan menjaga customer seperti apa. Kita ingin mengembangkan lebih besar lagi,” katanya.

47