Home Politik PSI Usung Gusti Bhre di Pilkada Solo, Dinilai Bersinar dan Mampu Pimpin Mangkunegaran

PSI Usung Gusti Bhre di Pilkada Solo, Dinilai Bersinar dan Mampu Pimpin Mangkunegaran

Solo, Gatra.com - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesi (PSI) Kaesang Pangarep memberikan kaos PSI sebagai penanda rekomendasi dalam pilkada ke Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X atau Gusti Bhre. Rekomendasi kepada Gusti Bhre dilakukan di Stadion Sriwedari, Solo, Minggu (21/7).

Agenda pemberian rekomendasi ini dikemas dalam laga sepak bola antara pengurus PSI dan Gusti Bhre bersama tim dari Mangkunegaran. Dalam pertandingan ini, tim Mangkunegaran menang dengan skor 5-3.

Usai pertandingan, Kaesang menyalami Mangkunegara X. Sembari mengatur napas, Kaesang mengatakan PSI memberikan rekomendasi Mangkunegara X untuk maju di Pilkada Kota Solo.

“Jadi hari ini sesuai permintaan dan keputusan teman-teman di DPD PSI Kota solo, saya selaku Ketua Umum PSI memberikan rekomendasi pada Kanjeng Gusti sebagai bakal calon Wali Kota Solo periode 2024-2029. Ya terima kasih,” ujar Kaesang.

Kaesang meminta semua pihak untuk bersabar terkait rencana koalisi dengan partai lain. “Ya sabar. Kita lihat pelan-pelan. Ga usah kesusu (terburu-buru),” ujarnya.

Ia menjelaskan, Gusti Bhre adalah sosok muda yang bersinar dan dinilai mampu memimpin Kota Solo.

“Apalagi beliau mampu memimpin Mangkunegaran. Beliau juga salah satu komisaris KAI (Kereta Api Indonesia). Jadi teman-teman bisa melihat sendiri kiprah beliau,” katanya.

Menurut Kaesang, PSI menyerahkan sepenuhnya pasangan di pilkada pada Gusti Bhre. Putra bungsu Presiden Jokowi ini menegaskan bahwa pemilihan Gusti Bhre didasari aspirasi dari para konstituen di bawah.

“Balik lagi, rekomendasi ini kami berikan atas aspirasi teman-teman DPD PSI Kota Solo beserta konstituen PSI. Untuk wakil nanti kami kembali serahkan kepada Gusti Bhre,” katanya.

Usai mendapat rekomendasi, Gusti Bhre mengucapkan terima kasih, baik pada PSI maupun masyarakat yang mendukung dirinya. Namun saat ditanya langkah selanjutnya usai mendapat rekomendasi dari PSI, dirinya bilang akan melihat lebih respons dari masyarakat.

“Pokoknya dari saya nanti yang terbaik, sesuai dengan yang dikehendaki yang dibutuhkan oleh masyarakat Solo,” tandasnya.

Gusti Bhre santer disebut sebagai kandidat paling potensial untuk maju di Pilkada Solo. Di sejumlah survei, alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) ini memiliki elektabilitas paling tinggi.

36