Home Kesehatan Peringatan Hardiknas, Plt Gubernur Aceh: Momentum Tingkatkan SDM

Peringatan Hardiknas, Plt Gubernur Aceh: Momentum Tingkatkan SDM

Banda Aceh, Gatra.com – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan, peringatan Hari Pendidikan Nasional 2019, harus dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

“Peringatan Hardiknas tahun ini, sesuai dengan kebjakan Pemerintah Pusat, yaitu fokus pada pengembangan sumber daya manusia,” kata Nova Iriansyah, kepada wartawan usai Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019, di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Kamis (2/5).

Saat ini, kata dia, pihaknya akan lebih fokus pada pengembangan sumber daya manusia, dan leading sector pada proses ini tentu saja instutusi pendidikan. Sesuai dengan tema ‘Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan’.

“Hari ini adalah momentum yang tepat untuk kita canangkan program peningkatan SDM, agar generasi penerus mampu bersaing secara global dan menjalankan negeri ini dengan lebih baik di masa mendatang,” ujar Nova.

Nova juga menegaskan, penguatan pendidikan dan memajukan budaya harus berada dalam level yang sama. “Ini menjadi momentum yang tepat untuk melakukan tindakan nyata bagi penguatan SDM di sektor pendidikan demi memajukan budaya bangsa,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin mengatakan, pihaknya telah mampu menorehkan beberapa prestasi yang membanggakan, di antaranya Provinsi Aceh berhasil menempati urutan ke tiga pada ajang perlombaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi 2018, setelah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

“Provinsi Aceh masuk dalam lima besar nasional tingkat kelulusan masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur undangan, pada tahun ajaran 2018/2019. Siswa Aceh yang lulus ke berbagai PTN di Indonesia melalui jalur undangan tahun ini sebanyak 5.287 orang,” ujar Syaridin.

Sedangkan prestasi terbaru tahun ini, kata dia, Provinsi Aceh ditetapkan sebagai satu dari tujuh provinsi terbaik di Indonesia selain DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Timur, Gorontalo, Kalimantan Selatan dan Bangka Belitung, dalam melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 100% pada 2019.

 

896