Home Milenial Hardiknas, Pemprov Jambi Gelar Festival Muatan Lokal

Hardiknas, Pemprov Jambi Gelar Festival Muatan Lokal

Jambi, Gatra.com - Gubernur Jambi, Fachrori Umar membuka Festival Muatan Lokal SMA se-Provinsi Jambi dalam rangka Hari Pendidikan Nasional tahun 2019. Kegiatan itu berlangsung di halaman Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jambi di kawasan Telanaipura Kota Jambi, Jumat (3/5).

Pantauan Gatra.com, sejumlah rangkaian kegiatan tersebut di antaranya pameran produk SMA se-Provinsi Jambi, lomba lagu daerah, parade band dan lomba pantun SMA se-Provinsi Jambi diselenggarakan terhitung sejak Kamis (2/5) sampai Sabtu (4/5).

Festival tersebut menjadi ajang membangun kreatifitas siswa siswi dalam mengembangkan potensi daerah juga terlibat melestarikan pewarisan nilai luhur dari budaya daerah. Pembukaan Festival Muatan Lokal SMA se-Provinsi Jambi juga dimeriahkan dengan penampilan Drum Band termasuk penampilan kesenian krinok dari SMA Rantau Pandan Bungo dengan Tari Tauh yang melambangkan pergaulan muda-mudi pada masa silam ikut menambah kemeriahan acara tersebut.

Fachrori Umar menginginkan pelajaran muatan lokal dapat meningkatkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi termasuk keunggulan daerah yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. "Substansi mata pelajaran muatan lokal harus ditentukan oleh satuan pendidikan yang disesuaikan dengan karakteristik daerah masing-masing," kata Fachrori.

Pembelajaran dari kurikulum tersebut, kata Fachrori, diharapkan dapat terlaksana dalam rangka mengenalkan dan mewariskan nilai karakteristik suatu daerah pada siswa dan menjadi penyemangat peserta didik agar lebih mengetahui budaya dan mencintai budaya daerahnya sendiri dan berbudi pekerti luhur, mandiri, terlatih pada akhirnya menumbuhkan rasa cinta pada tanah air.

"Pembelajaran muatan lokal bagi siswa juga bertujuan untuk mengembangkan sumberdaya yang ada di daerah sehingga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pembangunan di daerah. Semoga upaya dan usaha yang dilaksanakan menjadi amal ibadah bagi kita semua," katanya.

734