Home Gaya Hidup Sutradara John Carpenter Raih Penghargaan Penghormatan di Cannes

Sutradara John Carpenter Raih Penghargaan Penghormatan di Cannes

Cannes, Gatra.com - Festival Film Cannes memberikan penghargaan untuk kontribusi master kultus horor, yaitu sutradara film ‘The Thing’ (1982), John Howard Carpenter dalam memajukan khazanah perfilman Hollywood yang memenuhi bioskop pada zamannya.

Carpenter yang juga dikenal lewat karya klasik termasuk ‘Halloween’ (1978) dan ‘Escape from New York’ (1981) diberikan penghargaan Golden Coach oleh para sutradara Prancis pada upacara pembukaan Fortnight Director, yang berjalan bersamaan dengan festival utama Cannes di Riviera, Perancis.

Tepat untuk pembuat film yang juga komposer perintis terkenal yang menciptakan atau bersama-sama mengomposisi sebagian besar skor filmnya sendiri, kala itu mulai berjalan dengan beberapa musik mood elektronik yang menakutkan.

Carpenter adalah seorang warga negara Amerika yang tinggal di California, mengatakan, menyukai film sejak usia tiga tahun. Saat usianya masih kanak-kanak, Carpenter terpesona oleh cara karakter muncul dari sinar cahaya proyektor film. Saat itu ia melihat aktris Katharine Hepburn dan Humphrey Bogart dalam film ‘The African Queen’ (1951).

"Ini adalah transportasi audiens melalui dunia cahaya dan bayangan di sekitarnya yang saya bangga menjadi bagian darinya," kata dia dilansir Reuters.

Pilihan utama showcase film Cannes dibuka dengan film zombie ‘The Dead Don't Die’ karya Jim Jarmusch. Jarmusch sendiri mengatakan bahwa ia mengutip Carpenter sebagai salah satu referensi dan inspirasi film horornya.

311