Home Milenial Antisipasi Kepadatan, PT KAI Buka Pemberangkatan Mudik di Stasiun Jakarta Kota

Antisipasi Kepadatan, PT KAI Buka Pemberangkatan Mudik di Stasiun Jakarta Kota

Jakarta, Gatra.com - Upaya PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam meningkatkan pelayanan bagi para pemudik dilakukan dalam berbagai cara. Salah satunya dengan menambah stasiun pemberangkatan bagi para pemudik. Nah, pada Rabu, (29/5), kemarin, PT KAI telah meresmikan stasiun tambahan yang dapat digunakan untuk keberangkatan para pemudik di Stasiun Jakarta Kota.

Senior Manager Humas KAI Daop I Jakarta, Eva Chaerunnisa mengatakan, baru ada tiga KA yang bisa digunakan oleh pemudik dari Stasiun Jakarta Kota yakni KA tujuan Jakarta-Semarang (Menoreh), Jakarta-Kutoarjo (KA Kutojaya Utara) dan Jakarta-Surabaya (Jayakarta Premium). 

"Tujuannya memberikan alternatif kepada penumpang untuk menentukan pilihan stasiun pemberangkatannya, dan untuk mengurai kepadatan di Stasiun Pasar Senen," jelasnya saat dihubungi Gatra.com, Kamis, (30/5).

KA yang diberangkatkan dari stasiun kota ini merupakan KA yang sebelumnya berangkat dari stasiun senen. Bagi penumpang yang sebelumnya telah membeli salah satu tiket KA tersebut bisa melakukan check in dan boarding di Stasiun Jakarta Kota. Namun, penumpang disarankan datang lebih awal karena waktu pemberangkatan ketiga KA jarak jauh tersebut lebih awal dari jadwal yang tertera di stasiun pasar senen.

"Jadwal pemberangkatannya lebih awal dari jadwal di stasiun pasar senen, sehingga pemudik harus datang lebih awal kalau mau naik dari stasiun jakarta kota. Pemudik yang terlanjur membeli tiket dari stasiun senen juga tetap bisa karena nanti KA akan diberangkatkan sesuai dengan jadwal," tambah Eva.

Stasiun jakarta kota hanya melayani pemesanan tiket go show untuk melayani pembelian tiket pada saat hari keberangkatan, tepatnya mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan. Untuk pemesanan tiket H-90, penumpang bisa melakukannya di aplikasi KAI Access, website KAI, dan channel penjualan resmi lainnya.

352