Home Ekonomi Kurangi Kecelakaan Roda Dua, Kemenhub Berangkatkan 1000 Pemudik

Kurangi Kecelakaan Roda Dua, Kemenhub Berangkatkan 1000 Pemudik

Jakarta, Gatra.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melepas pemudik sepeda motor dengan menggunakan kapal roll on-roll off (Ro-Ro). Unit sepeda motor yang diangkut oleh kapal ini mencapai 500 dengan jumlah pemudik 1000 orang. 

Direktur Transportasi ASDP, Chandra Irawan mengatakan, tujuan dari kegiatan ini yaitu menekan angka kecelakaan kendaraan roda dua yang kerap terjadi saat musim mudik tiba. Dari hasil survei yang dilakukan, wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi tujuan paling banyak dari pemudik. 

"Tujuan utama mudik gratis ini untuk mengurangi angka kecelakaan, ini konsep memberikan layanan kepada masyarakat yang membawa motor sekaligus penumpangnya dengan kapal yang kami sediakan," ujarnya di Pelabuhan Tj Priok, Jakarta Utara, Sabtu, (1/6).

Estimasi perjalanan yang akan ditempuh oleh pemudik dengan tujuan Semarang memakan waktu kurang lebih 17-18 jam. Diperkirakan pukul 4.00-5.00 WIT dinihari nanti, kapal akan merapat ke Semarang. 

"Kami anggap itu kondisi fresh dan baik. Mudah-mudahan semua berjalan baik dan lancar juga selamat sampai tujuan," ujar Chandra. 

Mudik gratis pengguna sepeda motor dengan kapal penyeberangan Ro-Ro pada angkutan lebaran tahun 2019 (1440 H) memilik beberapa rute seperti  Lampung, Semarang, Jawa Tengah dan Jawa Timur.  

315