Home Gaya Hidup BPBD akan Pasang Pendeteksi Gempa di Bukit Tengah

BPBD akan Pasang Pendeteksi Gempa di Bukit Tengah

Kerinci, Gatra.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kerinci akan menempatkan satu unit alat pendeteksi gempa di kawasan Bukit Tengah. Langkah ini dilakukan, mengingat Kabupaten Kerinci merupakan daerah rawan terjadinya gempa bumi sehingga harus ada data akurat terkait aktivitas kegempaan.

Supervisor Pusdalops BPBD Kerinci, Anshari, mengatakan untuk lokasi penempatannya rencananya akan ditempatkan di kantor BPBD di Bukit Tengah.

Pihaknya telah menyampaikan rencana ini kepada Bupati Kerinci, Adirozal. Dan saat ini tinggal menunggu persetujuan bupati. 

Selama ini, BPBD Kerinci hanya mendapatkan data kekuatan gempa dari daerah lain. Sementara di Kerinci sendiri tidak alat.

“Dengan adanya alat pendeteksi gempa yang ditempatkan di Kerinci, akan memudahkan mengetahui lokasi gempa dan kekuatan gempa, baik yang terjadi di Kerinci maupun di luar Kerinci,” ucapnya.

Data dari alat pendeteksi ini, akan langsung dikirimkan kepada BMKG Kerinci. “Mudah-mudahan dengan adanya alat ini akan membantu petugas,” katanya. 

1023