Home Internasional Turki Bakal Kena Sanksi AS Atas Pembelian Sistem Rudal S-400

Turki Bakal Kena Sanksi AS Atas Pembelian Sistem Rudal S-400

Washington DC, Gatra.com - Menteri Keuangan Amerika Serikat, Steven Mnuchin mengatakan, pihaknya sedang melakukan pertimbangan untuk menjatuhkan sanksi kepada Turki terkait pembelian sistem rudal pertahanan udara S-400 buatan Rusia. Dia mengungkapkan bahwa belum ada keputusan yang dibuat sampai saat ini. 

"Kami melihat itu, saya tidak akan membuat komentar tentang keputusan tertentu, tetapi kami sedang melihatnya," ujar Mnuchin kepada wartawan di luar Gedung Putih, Senin (9/9). 

Sementara itu, obligasi pemerintah berdenominasi dolar Turki jatuh setelah adanya komentar Mnuchin.

Ankara dan Washington telah berselisih mengenai pembelian sistem rudal S-400. Menurut pemerintah AS, pembelian tersebut tidak kompatibel dengan pertahanan NATO dan menimbulkan ancaman bagi jet tempur Lockheed Martin F-35 stealth jet milik Paman Sam. 

Dikutip dari kantor berita Interfax serta Reuters, Presiden Rusia, Vladimir Putin menyampaikan telah mengirimkan baterai kedua S-400 pada bulan lalu. Sementara itu, telah menerima pengiriman pertamanya pada bulan Juli.

Washington sebelumnya telah memperingatkan Turki bahwa mereka akan menghadapi sanksi atas pembelian dan memindahkan negara itu dari program F-35. Namun Ankara sejauh ini menolak peringatan tersebut.

Perselisihan tentang sistem rudal pertahanan udara adalah salah satu dari beberapa ketegangan politik antara Amerika Serikat dan Turki. Termasuk adanya konflik di Suriah, dimana keduanya saling berlawanan. 

 

428