Home Internasional Rudal Korut Meluncur, Abe Ngamuk, Melanggar Resolusi PBB

Rudal Korut Meluncur, Abe Ngamuk, Melanggar Resolusi PBB

Jakarta, Gatra.com - Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe mengutuk peluncuran rudal balistik terbaru Korea Utara. Dia mengatakan hal tersebut merupakan pelanggaran terhadap resolusi PBB.

Mengutip dari Reuters, Abe mengatakan kepada wartawan bahwa Pyongyang telah meluncurkan dua rudal balistik baru-baru ini. Peluncuran itu terjadi sehari setelah Korea Utara mengumumkan akan mengadakan pembicaraan tingkat kerja dengan Amerika Serikat pada akhir pekan.

Korea Utara menyalahkan Amerika Serikat karena mandeknya pertemuan untuk membahas denuklirisasi. Terhitung sudah lebih dari setahun sejak dialog pertama, kedua pihak belum membahas kembali program penghentian nuklir.

Dalam pidatonya di Majelis Umum AS, duta besar Korea Utara untuk AS, Kim Song mengatakan sudah waktunya bagi Washington untuk berbagi proposal untuk pembicaraan.

"Dengan asumsi bahwa AS memiliki cukup waktu untuk mengetahui metode perhitungan yang dapat dibagikan kepada kami, kami menyatakan keinginan kami untuk duduk bersama AS untuk diskusi komprehensif tentang masalah yang telah kami bahas sejauh ini," ucapnya, dikutip dari Reuters, Selasa (1/10).

Korea Utara bersedia memulai kembali perundingan pada akhir September tetapi Washington perlu mengadopsi pendekatan baru. Namun, Menteri Luar Negeri A.S. Mike Pompeo mengatakan bahwa pertemuan pada bulan September tidak mungkin dilakukan.

1209