Home Internasional Rekening Dubes Venezuela di Jepang Dibekukan

Rekening Dubes Venezuela di Jepang Dibekukan

Tokyo, Gatra.com - Rekening bank milik Duta Besar Venezuela untuk Jepang telah dibekukan. Duta Besar Venezuela, Seiko Ishikawa, menyebut pembekuan rekening miliknya merupakan keputusan Donald Trump. Diketahui, beberapa waktu lalu, Presiden Amerika Serikat (AS) itu memutuskan untuk membekukan aset Venezuela di AS.

Dilansir AP News, Senin (7/10), Ishikawa menuturkan, selain akun bank miliknya, ada dua diplomat Venezuela di Jepang juga raib. Bahkan, katanya, akun bank istrinya pun turut dibekukan.

Meski begitu, Ishikawa mengatakan, akun bank kedutaan masih berfungsi. Pembekuan akun bank menurutnya hanya dilakukan terhadap milik pribadi.

Ishikawa mengatakan, telah menghubungi Kementerian Luar Negeri Venezuela dan pihak bank setelah masalah dengan rekeningnya itu.

"Bagi kami, itu adalah tindakan yang tidak dapat diterima yang diambil oleh bank, keputusan sepihak. Pertama-tama, karena ini merupakan aplikasi ekstrateritorial dari tindakan yang berasal dari AS," katanya.

Ia pun mengaku tidak nyaman atas pembekuan akun bank pribadinya tersebut. "Bayangkan saja tidak bisa mengoperasikan rekening bank Anda. Itu masalah besar, tentu saja," katanya.

Pemerintah AS telah mengeluarkan larangan bagi perusahaan, atau individu untuk berbisnis dengan pemerintah sosialis Maduro. Kebijakan itu mulai berlaku sejak Agustus lalu.

127