Home Olahraga Tim Tuna Rungu Sumbar Siap Bersaing di Kejurnas Futsal

Tim Tuna Rungu Sumbar Siap Bersaing di Kejurnas Futsal

Padang, Gatra.com - Sebanyak 12 penyandang tuna rungu yang tergabung dalam Gerakan Untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Sumatera Barat (Sumbar) siap mengharumkan nama Sumbar pada Kejuaraan Nasional Futsal Tuli, pada 7-10 November 2019 di Palembang, Sumatera Selatan. 

Pelatih Tim Futsal Gerkatin Sumbar, Abdul Khalik, mengatakan, pemain berasal dari Kabupaten Padang Pariaman, Kota Bukittinggi, dan Padang. 

“Tim sudah dipersiapkan oleh DPD Gerkatin Sumbar beberapa bulan lalu. Kita latihan sekali seminggu, mengingat atlet berasal dari berbagai daerah,” ujar Abdul Khalik saat ditemui Gatra, Sabtu (12/10).

Saat prosesi latihan, lanjut Khalik, dirinya sebagai pelatih dibantu asisten untuk penerjemah bahasa lisan ke bahasa isyarat. Walaupun agak sulit, namun mereka paham dan semangat untuk latihan apalagi ini untuk turnamen nasional. 

Tim Futsal Tuna Rungu yang tergabung dalam Gerkatin Sumbar. (istimewa/ar)


“Keterbatasan fisik tidak menghalangi mereka dalam berkarya dan berkreatifitas. Semangat mereka yang pantang menyerah patut di apresiasi,” uja Khalik lagi. 

Tim futsal Gerkatin Sumbar akan berangkat ke Palembang pada awal November didampingi satu orang pelatih dan dua official. 

“Semoga tim futsal Gerkatin Sumbar mampu memberikan yang terbaik dalam Kejurnas Futsal Tuli 2019 nanti,” sebutnya. 

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit mengapresiasi langkah Gerkatin Sumbar dalam mengikuti Kejurnas Futsal Tuna Rungu di Palembang. 

“Saya sangat mendukung mereka dalam kejuaraan ini. Semoga mereka bisa mengharumkan nama Sumbar di tingkat nasional,” ucap Nasrul Abit. 

Organisasi tuna rungu tingkat nasional dengan nama Gerkatin dibentuk sejak 1981, dengan pengurus wilayah di 30 provinsi. Gerkatin telah terdaftar sebagai anggota World Federation of The Deaf atau WFD, sebuah organisasi tuna rungu tingkat dunia uang berpusat di Helsinki, Finlandia. 

669

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR