Home Milenial Kembangkan SDM Bidang Komputasi, Aptikom Gelar Rakornas

Kembangkan SDM Bidang Komputasi, Aptikom Gelar Rakornas

Semarang, Gatra.com - Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom) bakal mengadakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas). Universitas Dian Nuswantoro mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah pada acara yang digelar di Patra Convention Hotel pada tanggal 24-27 Oktober mendatang.
 
Rakornas kali ini mengusung tema "Memperkuat Masyarakat Ekonomi Melalui Inovasi Industri Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0" dimana Aptikom terus berupaya melakukan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia, khususnya di bidang komputasi. 
 
Rektor Udinus, Edi Noersasongko mengatakan gelaran Rakornas ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan tinggi berbasis komputer di seluruh Indonesia.
 
"Nanti kegiatan ini akan diisi dengan diskusi; merumuskan, menjalankan dan mengevaluasi berbagai program dan kegiatan cerdas yang akan mengembangkan pendidikan tinggi berbasis komputer di seluruh Indonesia," ujar Eddy dalam keterangannya Senin (21/10).
 
Eddy juga memastikan pihaknya akan akan menjadi host yang kooperatif agar rakornas berjalan lancar dan menghasilkan ide-ide bermutu untuk perkembangan pendidikan tinggi berbasis komputer di seluruh Indonesia.
 
Dalam pandangan terpisah, Ketua Umum Aptikom Zainal A. Hasibuan, mengatakan pentingnya menata ulang kurikulum yang diterapkan pada pendidikan tinggi berbasis komputer di Indonesia.
 
"Saat ini ada loncatan besar pada revolusi industri dari industri 3.0 ke 4.0. Kurikulum era industri 4.0 juga perlu di tata ulang," kata Zainal.
 
Perubahan kurikulum tersebut nanti meliputi pengembangan sentra riset dan development, peningkatan kualitas perguruan tinggi, pengembangan inkubasi bisnis start-up, serta pengembangan blockchain initiatives untuk kampus digital.
 
Selain rakornas, kegiatan lain juga bakal dilaksanakan. Di antaranya Internasional Conference on Informatics and Computing (ICIC), Seminar Nasional Aptikom (Semnastik), Rakornas inti Aptikom, dan ditutup dengan city tour mengelilingi kota Semarang.
 
74