Home Milenial Pengakuan Dubes Malaysia Soal Melayu Siak

Pengakuan Dubes Malaysia Soal Melayu Siak

Siak, Gatra.com - Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Datuk Zainal Abidin Bakar, mengaku takjub dengan Kabupaten Siak, Riau, yang sampai sekarang masih mengoleksi bangunan-bangunan bernuansa melayu.

Gara-gara itu pula makanya kata Zainal, pihaknya mau menggelontorkan duit dalam jumlah besar untuk berinvestasi di Siak. "Sebab Siak masih mengembangkan budaya melayu," katanya saat meninjau Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB) di Kecamatan Sungai Apit, Sabtu (26/10).

"Saya terpukau melihat sejarah Melayu yang masih dipupuk di sini. Bangunannya juga masih bernuansa Melayu. Di Indonesia, sudah kurang daerah yang menjaga kelestarian budayanya," kata Zainal.

Bupati Siak, Alfedri menyebut, sebenarnya sudah ada perusahaan asal Malaysia yang berinvestasi dan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Siak; BGMC Sdn Bhd.

Perusahaan itu bekerjasama dengan PT KITB dan PT Samudera Siak membikin anak perusahaan bernama PT Industrial Park dan PT Tanjung Buton Port.

KITB kata Alfedri sudah menjadi proyek strategis Nasional. Itulah makanya kawasan itu mendapat perhatian Pemerintah Pusat.

"Sudah dua tahun ini ada pembangunan jalan oleh pemerintah pusat. Tahun depan akan diupayakan pembangunan air bersih serta pembangkit listrik. Pembangkit listrik ini sudah ditawarkan ke Perusahaan Listrik Negara (PLN). Ke swasta juga ditawarkan," katanya.


Reporter: Sahril Ramadana

 

 

2555