Home Politik DPD PDIP Jateng Buka Pendaftaran Pilkada, Gibran Berpeluang

DPD PDIP Jateng Buka Pendaftaran Pilkada, Gibran Berpeluang

Semarang, Gatra.com - Peluang putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Raka Buming Raka untuk maju sebagai bakal calon wali kota Solo pada pilkada 2020 masih terbuka lebar.

Sinyal itu terlihat setelah DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah akan membuka pendaftaran seleksi bakal calon kepala daerah di 21 daerah pemilihan (dapil) di Jawa Tengah.

Sekretaris DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng) Bambang Kusriyanto, mengatakan pendaftaran seleksi bakal calon kepala daerah terbuka untuk umum baik dari kader partai dan masyarakat.

“Tanggal pendaftaran belum ditentukan, tapi yang pasti bakal dilakukan pada bulan ini [November],” kata Bambang di Semarang, Senin (4/11).

Bagi kader partai PDIP yang belum sempat mendaftar melalui pilkada melalui DPC kabupaten dan kota, lanjutnya bisa mendaftar melalui DPD.

Termasuk Gibran Rakabuming Raka yang tidak bisa maju melalui DPC PDIP Solo lantaran sudah menetapkan pasangan bakal calon yang akan diusung pada pilkada 2020.

Seperti diketahui, DPC PDIP Solo telah memutuskan untuk mengusung pasangan Ahmad Purnomo dan Teguh Prakoso.

“Tidak hanya Mas Gibran, tapi semua orang boleh mendaftar melalui DPD karena sifatnya memang terbuka untuk siapa saja. Semua yang mendaftar peluangnya sama,” ujarnya.

Mengenai syarat pendaftaran sebagai bakal calon kepala daerah menurutnya cukup banyak antara lain sehat jasmani dan rohani serta tidak dipungut biaya. Pendaftaran akan dibuka selama tujuh sampai 10 hari.

Menurut Bambang, pasangan bakal calon kepala daerah, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota yang sudah mendaftar melalui DPC PDIP belum bersifat mutlak.

Sebab keputusan untuk penetapan bakal pasangan calon kepala daerah yang akan diusung pada pilkada menjadi kewenangan dari DPP PDIP.

“Daerah boleh mengusulkan pasangan bakal calon, tapi DPP yang memutuskan. Bisa saja pasangan calon diubah,” katanya.

395