Home Kebencanaan Pancaroba, Waspadai Demam Berdarah dan Diare

Pancaroba, Waspadai Demam Berdarah dan Diare

Semarang, Gatra.com - Dinas Kesehatan Jawa Tengah meminta masyarakat untuk mewaspadai penyakit yang sering kali menyerang saat pergantian musim penghujan, seperti Demam Berdarah Dengue (DBD) dan diare. "Kalau saat ini biasanya diare, DBD nanti banyak dialami masyarakat pada bulan Januari dan Februari," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Jateng, Tatik Murhayati, Rabu (6/11).

Tak hanya DBD dan diare, penyakit yang kerap menyerang masyarakat saat musim penghujan, yakni penyakit kulit, leptospirosis dari urine tikus, dan lain sebagainya."Penyakit penyakit yang biasanya muncul saat musim hujan, biasanya berkaitan dengan sanitasi atau kebersihan lingkungan," jelasnya.

Untuk mencegah adanya penyebaran penyakit tersebut, Dinas Kesehatan Jateng telah menurunkan juru pemantau jentik (jumantik) di rumah, lingkungan perkantoran, dan sekolah. "Selain jumantik, kami juga meminta masyarakat untuk melakukan gerakan 3M, dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan melakukan 3M Plus. Yakni kegiatan Menguras, Menutup dan Memanfaatkan/mendaur ulang barang bekas, agar tidak ada masyarakat yang terkena penyakit penyakit tersebut," imbau Tatik.

279