Home Kebencanaan Infografis Bencana Penting Bagi PMI

Infografis Bencana Penting Bagi PMI

Semarang, Gatra.com- Di era digital sekarang ini, penyajian dalam bentuk data dan infografis sangat penting dalam menyampaikan informasi sesuai kebutuhan publik yang menginginkan sekali melihat sudah lengkap informasinya. Apalagi infografis yang berkaitan dengan bencana, tentunya akan lebih mudah dipahami oleh masyarakat bila pembuatnya mampu menyajikan dengan baik dan menarik.

Kesimpulan itu mengemuka dalam pelatihan infografis bencana yang digelar oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Tengah yang berlangsung di kantor PMI Jateng Semarang.

Pakar infografis bencana dari Jakarta, Indra Yogasara, mengatakan bahwa era 4.0 sekarang, informasi yang disajikan harus mudah dipahami dalam waktu singkat.

"Infografis itu berisi data dan visualisasi, sehingga harus diperhatikan akurasi dan validitas datanya. PMI di Jateng harus mengembangkan terus, agar pelayanan PMI dapat diketahui masyarakat," kata Indra saat menyampaikan presentasinya.

Kepala PMI Jawa Tengah Murifah mengatakan, Pelatihan Infografis Bencana diikuti oleh 35 orang staf PMI Kabupaten-Kota Se-Jawa Tengah bertujuan untuk menguatkan pemahaman staf dalam menggali informasi kejadian dan penanganan bencana, serta menguatkan ketrampilan staf dalam menyajikan data menggunakan infografis.

Menurut Murifah Informasi penanganan kejadian penanggulangan bencana yang baik, tentunya dengan data yang terukur dan dapat dipertanggungjawabkan. Perkembangan pesat media sosial saat ini menjadikan informasi dan publikasi dapat diketahui dan disebarluaskan kepada masyarakat dalam waktu yang singkat dengan jangkauan yang luas.

“Media sosial memiliki peran besar dalam penyebaran informasi. PMI dapat memanfaatkannya untuk publikasi informasi kepada masyarakat melalui media sosial secara sederhana dan lengkap dengan infografis, agar mudah dipahami dalam waktu singkat,” ujar Mu’rifah, saat menutup Pelatihan Infografis Bencana PMI Se-Jawa Tengah di Markas PMI Jawa Tengah, Semarang, Kamis (14/11).

Dia mengatakan, di Jateng, setiap ada kejadian bencana, dapat dipastikan PMI terlibat aktif memberikan bantuan baik personil, material maupun sarana lainnya, bersama dinas dan lembaga lainnya. "Infografis juga dapat menjadi sarana pertanggungjawaban kepada pihak lain yang mendonasikan bantuan melalui PMI,” katanya .

M Rofik salah satu peserta dari PMI Kabupaten Pekalongan mengatakan, dengan adanya pelatihan ini sangat membantu memahami betapa pentingnya fungsi adanya infografis bencana.

“Kami semakin mengerti pentingnya penyajian data secara sederhana namun lengkap informasinya melalui infografis. Era digital saat ini, infografis sangat sesuai kebutuhan publik yang menginginkan sekali melihat sudah lengkap informasinya, ” kata Rofik.

277